Di Blora, Tapak Suci Sangat Digemari Siswa SD hingga SMK Negeri

Ujian Kenaikan tingkat pesilat Tapak Suci di SMK Muhammadiyah 1 Blora

SangPencerah.id– Kiprah tapak suci saat ini semakin membanggakan. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga diluar manca negara. Bukan hanya di sekolah Muhammadiyah, tapi juga disekolah-sekolah non Muhammadiyah. Dari TK hingga Perguruan Tinggi gemar bertapak suci. Seperti di Blora misalnya, banyak sekali pelajar sekolah-sekolah negeri yang memiliki minat khusus terhadap tapak suci

Dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) XIX Tapak Suci antarpelajar tingkat SD, SMP, SMA sederajat yang dilaksanakan di Gor Mustika Blora, belum lama ini, sekolah-sekolah Muhammadiyah banyak yang meraih juara. Meski demikian, beberapa sekolah non-Muhammadiyah juga mampu mencuri juara dalam ajang itu. Seperti SDN Gembol Kecamatan Bogorejo yang menjadi juara kedua untuk tingkat SD.

Sementara, SMP N 2 Blora ada yang meraih juara pertama mengungguli MTs Muhammadiyah 1 Todanan dan SMP Muhammadiyah Randublatung. ‘’Dari tahun ke tahun, perkembangan pesilat Tapak Suci semakin mengembirakan. Peserta yang ikut cukup banyak, mencapai 398 atlet,’’ ujar Ketua Tapak Suci Putera Muhammadiyah Blora, Pudji Suhardjo.

Mengasah Kemampuan

Bahkan, kali ini sekolah non- Muhammadiyah yang ikut serta juga bertambah banyak. Hal itu menandakan bahwa Tapak Suci mulai diminati generasi muda saat ini. Di sekolah negeri dan lainnya, juga banyak diajarkan ektrakurikuler seni bela diri Tapak Suci Muhammadiyah.

Pudji Suhardjo, yang juga pengurus PDM Blora ini menjelaskan, kalau belum lama ini dalam kejuraan di tingkat Provinsi Jateng, beberapa atlet dari Blora menjadi juara. ‘’Kejurda sekaligus untuk mengasah kemampuan pesilat dan pencarian bibit atlet sehingga bisa lebih berprestasi lagi,’’tandasnya.

Untuk tingkat SD, atlet yang meraih juara pertama adalah SD Muhammadiyah Blora, SDN Gembol Bogorejo, dan MI Muhammadiyah Ngampon Jepon. Tingkat SMP: juara pertama SMP 2 Blora, MTs Muhammadiyah Todanan, dan SMP Muhammadiyah Randublatung. SMA/- SMK; juara pertama SMA 1 Blora, SMK Muhammadiyah 1 Blora, dan ketiga SMK Muhammadiyah 2 Blora.

Menyiarkan Dakwah

Pimda Tapak Suci Blora sendiri merupakan salah satu Pimda yang sangat aktif dalam melakukan kaderisasi. Setiap tahunnya, dilakukan dua kali ujian kenaikan tingkat yang diikuti ribuan pelajar dari berbagai sekolah. Kenaikan tingkat ini dipusatkan di SMK Muhammadiyah I Blora.

Andreas, Kepala SMP N 2 Blora mengaku bersyukur  dengan kebaradaan ekstrakulikuler Tapak Suci disekolahnya. Setiap pekan, pelajar-pelajar SMP N 2 Blora berlatih tapak suci disekolah dan juga dipadepokan. Tapak Suci ini sangat berharga untuk membangun pertahanan diri, membangun kekuatan mental dan meningkatkan pertahanan diri.

Baca juga : ( Ribuan Orang Saksikan Kehebatan Tapak Suci Muhammadiyah di Eropa ) dan (Abdul Mu’ti : Saya Bangga dengan Tapak Suci di Mesir)

Sumarno, Ketua Pimda Tapak Suci Blora mengaku bangga dengan perkembangan Pencak Silat Tapak Suci. Selain untuk menggali bibit-bibit berprestasi, tapak suci ini juga digunakan untuk mensyiarkan dakwah Islam sejak dini. Even POPDA Tingkat Karisedenan yang awal Mei ini baru saja dilakukan, pesilat-pesilat Blora mampu memborong 21 Medali, diantaranya medali emas yang diraih siswi SMA Muhammadiyah I Blora. (sp/sm-red)