Daftar PCM-PRM Unggulan 2017, Berikut Ini Kriteria Penilaiannya

SangPencerah.id– Lembaga Pengembangan Cabang dan Ranting PP Muhammadiyah mengadakan kegiatan Muhammadiyah Expo yang digelar di Babat, Lamongan, Jawa Timur. Kegiatan yang dihadiri perwakilan Muhammadiyah dari berbagai penjuru daerah di Indonesia ini digelar 12-14 Mei 2017 dengan berbagai kegiatan. Salah satunya penganugrahan ranting dan cabang unggulan Muhammadiyah.

Baca juga : Muhammadiyah Expo, Ajang Pameran Cabang-Ranting se-Indonesia

Nominator Ranting Terbaik Indonesia : 1. PRM Plompong 2. PRM Brangsi LA 3. PRM Longkean 4. PRM Sumbersari 5. PRM Karangasem. Adapun Juara 3 Ranting Nitikan jogja, Juara 2 Ranting Godog Lamongan-Jatim, Juara 1 Ranting terbaik Gunung Pring Muntilan Jateng.

Nominator PCM Terbaik Indonesia : 1. PCM Sunggal-Sumut, 2. PCM Bukit Kecil-Sumsel, 3.PCM Kota Gede- DI Yogyakarta 4. PCM  Sepanjang, Sidoarjo 5. PCM Cileungsi- Bogor.  Adapun Juara  3 diraih PCM  Majenang, Cilacap, Juara  2 PCM  Banjarmasin Empat- Kalsel dan Juara 1 PCM Babat, Lamongan.

Kriteria penilaiannya antara lain: Pembinaan jamaah (pengajian rutin yang dikelola dengan baik, Muhammadiyah menjadi rujukan ibadah, loyalitas), manajemen organisasi, kaderisasi dan partisipasi anak muda, pemberdayaan ekonomi warga persyarikatan, memiliki AUM unggulan yang mencerminkan Muhammadiyah yang berkemajuan (kreatif, inovatif, solutif), serta daya pengaruh ke umat dan penguasaan media.

Penilaian PCM dan PRM ini dimulai dari tingkat PDM kemudian berlanjut ketingkat PWM dan PPM. Banyak sekali PCM dan PRM yang memiliki amal usaha unggulan yang membanggakan, akan tetapi lemah dalam pembinaan jamaah. Semoga PCM dan PRM unggulan yang telah dinobatkan LPCR PP Muhammadiyah ini memberi inspirasi bagi daerah lainnya.

Baca juga : (8 PCM-PCM Inspiratif Yang Dapat Anda Tiru),  (15 Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah di Luar Negeri) dan (Layak Ditiru, 5 SPBU Muhammadiyah yang Membanggakan)

Untuk penyelenggaran Muhammadiyah Expo Tahun 2018 mendatang, sudah ada beberapa daerah yang menyatakan siap menjadi tuan rumah, seperti PCM Kaliwungu-Kendal, PCM Bukit Kecil-Palembang, PCM Gombong-Kebumen. Penyelenggara LPCR PP Muhammadiyah menunggu beberapa PCM lagi yang mungkin siap untuk menjadi penyelenggara. (sp/red)

Nb: Kirimkan profil PDM,  PCM dan PRM ditempat anda ke : websangpencerah@gmail.com untuk kami syiarkan dan memberi inspirasi bagi yang lainnya.