Lamahat fi Ilmil Kalam; Pemetaan Atas Subsansi Ilmu Kalam

Ust. Wahyudi Abdurrahim, Lc. M.M

 

Judul buku: Lamahat fi Ilmil Kalam. Pengarang: Prof. Dr. Hasan Mahmud Abdul Lathif Asy-Asyafi’

 

Ilmu kalam menjadi cabang iolmu keislaman yang sanga rasional. Dengan metodologi jadal, piranti  kiyas ghaib ala syahid dan logika Aristoteles, berbagai persoalan mengenai eksistensi ketuhanan dapat dilogikakan dengan baik. Ilmu kalam menjadi “filsafat” yang murni muncul dari pemikiran Islam.

 

Menariknya, dalam ilmu kalam ini umat Islam tidak satu paham. Di dalamnya banyak aliran yang masing-masing mempunyai pandangan sendiri terkait tema-tema ketuhanan. Mereka tetap berpaku dengan nas dan nilai rasionalitas. Maka muncullah muktazilah, asyariyah, maturidiyah, syiah, batiniyah dan lain sebagainya. Hasil pemikiran mereka menjadi warisan kekayaan  intelektual yang cukup membanggakan bagi generasi setelahnya.

 

Buku ini memberikan gambaran singkat mengenai ilmu kalam. Dengan bahasa yang tidak berbelit-belit, Hasan Syafi dalam buku ini memberikan pemetaan yang cukup apik dalam menggambarkan pemikiran kalam ulama terdahulu. Dengan analisa yang cukup tajam, penulis memberikan berbagai kritikan terhadap pandangan kalam yang oleh sebagian orang dibnisbatkan kepada aliran tertentu padahal secara konsep sudah bertentangan dengan paham tersebut. Buku ini layak dibaca bagi mereka yang sekadar ingin sepintas namun mendalam terkait dengan subsansi ilmu kalam.

 

BAGIKAN
Berita sebelumyaVideo Robot Muhammadiyah Juara Dunia di Amerika Serikat
Berita berikutnyaVideo Kampanye Ahok Picu Islamophobia dan Anti Kebhinekaan