Tiga Pesan Penting KH. Hasyim Muzadi Untuk Muhammadiyah

DR.Haedar Nashir bersama rombongan saat membesuk (Foto : Tamhid Mashudi)

SangPencerah.id– Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Haedar Nashir sempat  membesuk mantan Ketua Umum Pengurus Besar (PBNU) Drs Hasyim Muzadi yang sedang dirawat di RS Lavalette, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (10/1). Kehadiran Dr Haedar Nashir di RS Lavalette tersebut didampingi oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim Dr M Saad Ibrahim, Wakil Ketua PWM Nadjib Hamid, Rektor Universitas Muhammadiyah (UMM) Fauzan, MPd, serta Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang Dr Mursidi.

Saat Ketua Umum PP Membesuk, KH.Hasyim Muzadi menyampaikan pesan-pesan khusus untuk Muhammadiyah dan bangsa yang disampaikan langsung kepada KH.Haedar Nashir. Dalam release media Muhammadiyah Jawa Timur, pesan-pesan tersebut antara lain: Pertama,  Mantan Ketua PBNU ini  mendoakan Muhammadiyah tetap terus bergerak dan berhasil. Pesan Kedua, Hasyim Muzadi berharap Muhammadiyah dan tokoh-tokoh Islam lainnya terus peduli pada persoalan bangsa. Beliau menyebutnya persoalan bangsa sedang banyak masalah. Pesan ketiga, Hasyim mengharapkan para tokoh bangsa dan umat untuk terus merawat jiwa kepemimpinan. Bukan sekadar pemimpin, tapi yang punya kualifikasi.

Bagi Haedar Nashir, kesempatan membesuk pendiri pondok pesantren Al-Hikam itu mengandung banyak makna. Menjenguk orang sakit, selain pemenuhan hak atas seorang Muslim, juga untuk memperteguh ukhuwah Islamiyah. “Lebih daripada itu kita harus memperluas ukhuwah Islamiyah,” ujar Haedar.

“Baik hal-hal yang sifatnya insaniyyah (kemanusiaan) seperti ini, ke depan ukhuwah Islamiyah ini juga masuk pada hal-hal yang sifatnya kerja-kerja bersama untuk membangun marwah, muru’ah, dan izzah umat Islam,” paparnya. (sp/red)