Serentak, Lembaga Muhammadiyah Resmikan Apotek, WarungMU dan BerasMU

SangPencerah.id-Secara bersamaan, di tempat yang berbeda, 3 amal usaha Muhammadiyah diresmikan. Amal Usaha ini dikelola oleh UAD, PWPM DIY dan Keluarga Muhammadiyah Kota Surakarta.

Guna mendukung kebutuhan praktek mahasiswa program studi Profesi Apoteker, Universitas Ahmad Dahlan (UAD),  Ahad (5/3/2017) meresmikan apotek yang berlokasi di Jalan Jambon Kricak Tegalrejo. Apotek tersebut merupakan yang kedua dimiliki UAD setelah pertama di Jalan Cendana Yogyakarta.

Rektor UAD, Dr. Kasiyarno, M.Hum. mengungkap apotek kedua yang berada di Kricak ini juga melayani masyarakat umum. Bahkan menurut dia, dalam pelayanan apotek tersebut mengusung konsep one stop service. “Kedepannya selain pelayanan Dokter Umum dan Dokter Jiwa, juga akan segera dibuka untuk pelayanan Dokter Gigi. Dari sisi obat, kami sediakan obat baik generik maupun non generik yang juga lengkap, termasuk alat-alat kesehatan,” ungkapnya.

Wakil rektor UAD, Drs. M. Safar Nashir, M.Si menambahkan bawasanya di apotek kedua ini masyarakat bisa melakukan pemeriksaan kesehatan dengan adanya dokter yang melakukan praktek secara bergantian selama satu minggu. “Sejak Februari 2017 telah dibuka juga pelayanan Dokter Umum dan Dokter Spesial Kejiwaan (Psikiater), masing-masing dijadwalkan 3 hari dalam seminggu secara bergantian, dokter kejiwaan beroperasi hari Senin, Rabu dan Jumat, sedangkan dokter umum beroperasi hari Selasa, Kamis dan Sabtu,” imbuhnya.

BerasMU Oleh PWPM DIY

Pada waktu yang bersamaan saat UAD meresmikan Apotik, PWPM DIY juga mengadakan Rakerwil di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bantul. Rakerwil ini juga dibarengi dengan kegiatan lounching BerasMU yang menjadi produk unggulan Bidang Ekonomi PWPM DIY.

BerasMU ini diproduksi oleh CV. Sang Pencerah (milik PWPM DIY) bekerja sama dengan Lazismu DIY. Beras ini diproduksi dalam bentuk sepaket 5 kg. Beras ini dihimpun dari petani-petani Muhammadiyah DIY. Keuntungan dari benjualan beras ini, sebagian akan disedekahkan kepada kaum dhuafa melalui LazisMu. Nah, bagi masyarakat yang ingin order atau menjadi distribotor bisa menghubungi Kang Parjo (081246923058).

Iwan Setiyawan, Ketua PWPM DIY berharap langkah ini dapat terus berkembang, semakin berkah, memompa semangat ekonomi dan membantu sesama.

WarungMU oleh Keluarga Muhammadiyah Surakarta

Secara bersamaan pula, PDM Kota Surakarta bersama Lazismu Surakarta dan MDMC Kota Surakarta melaunching WarungMu. Kegiatan ini turut pula dihadiri Wakil Ketua DPRD, Umar Hasyim.

Ketua MDMC Solo, Sumanto, mengatakan, alasan peluncuran WarungMu di kawasan kompleks Masjid Syukur karena sering banjir.Selain itu, kompleks Masjid Syukur adalah tanah wakaf yg masih sebagian lahannya belum dimanfaatkan maksimal.

Pihaknya berharap ketika warungMu beralih fungsi menjadi dapur umum tanggap bencana, maka daerah tersebut khususnya dapat tercover dari segi logistik maupun yang lainnya. WarungMu ini juga dukhususkan untuk kaum dhuafa. (sp/red)

BAGIKAN
Berita sebelumyaMusywil Sangat Teduh dan Gayeng, Kader Blora Pimpin IPM Jateng
Berita berikutnyaHukum Belajar Kalam dan Mantik