Pengajian MTA di Blora Kembali Dibubarkan

SangPencerah.id– Kegiatan Pengajian Majelis Tafsir Al Qur’an yang digelar Senin sore (20/03/2017) di RT 05 Desa Japah, berakhir ricuh. Peristiwa berawal saat jamaah MTA hendak menggelar pengajian di rumah Ali Sugeng yang berlokasi di  Desa Japah. Ali Sugeng sendiri merupakan ketua pengurus MTA Cabang Japah, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora.

Warga serempak datang sejak Pukul 14.30, datang secara berturut-turut hingga ratusan orang menolak pengajian MTA yang digelar di Rumah Ali Sugeng.

Sebelum aksi ini terjadi, warga setempat pernah menggalang tanda tangan yang berisi penolakan serta memberi peringatan untuk tak menggelar acara di lokasi pengajian (Rumah Ketua MTA Japah: red). Sebelumnya, Camat Japah, Kiswoyo juga memberikan nasehat agar pengajian MTA tak digelar dilokasi, karena berdekatan dengan Pondok Pesantren As Sidiq.

Saat masa telah berkumpul di depan Pasar Japah, tepatnya  depan rumah Ali Sugeng. Aparat dan Forkompincam setempat berusaha mendamaikan. Proses pendamaian dilakukan Kapolres AKBP Surisman, Dandim Letkol (Inf) Susilo, Kepala Kesbangpol Mei Naryono, Camat Japah Kiswoyo dan Forkompicam setempat.

Baca : (Indahnya Toleransi, Saat Muhammadiyah Menghadiri Haul Akbar) dan (Bupati Blora Bangga, Muhammadiyah Memiliki Rumah Sakit Unggulan dan Sekolah Daihatsu Pertama di Indonesia)

Kegiatan pengajian di rumah Ali Sugeng pun terpaksa dihentikan, warga MTA berbesar hati memindahkan pengajian di rumah salah satu jamaah MTA yakni Sagimin, di Dusun Nggrowo, Japah.

Baca : (Haedar Nashir : Bukan Saatnya Lagi Kita Bertengkar Terus Masalah Khilafiyah) dan (Begini Cara Muhammadiyah Menghadapi ‘Serangan’ Salafi)

Penolakan terhadap dakwah MTA di Blora bukan kali ini saja dilakukan, kejadian paling menegangkan terjadi 14 Juli 2012, saat itu pengajian akbar MTA yang dihadiri ribuan jamaah MTA Jateng di Kamolan, Blora  dipaksa untuk dihentikan. Bentrokan pun terjadi hingga panggung, dipaksa untuk dirubuhkan. Lalu terjadi penolakan kembalinya 57 jiwa (22 kk) kelompok MTA ke Dukuh Bangkerep, Desa Balong, Kecamatan Kunduran, Blora. (sp/red)

 

 

BAGIKAN
Berita sebelumyaPCIM Taiwan Sukses Bentuk Ranting Muhammadiyah Taiwan Selatan
Berita berikutnyaAksi Cor Kaki, Seorang Petani Kendeng Meninggal Dunia