Berdiri 2 Tahun, Prodi Jasa Boga SMK Muh I Blora Sampai Tolak Peminat

Siswa Saat Menunjukkan Keahlian di Hotel Berbintang Kota Cepu

SangPencerah.id-Di era bisnis industri kuliner yang semakin semarak, kebutuhan tenaga kerja juga semakin banyak. Hal ini direspon SMK Muhammadiyah 1 Blora dengan mendirikan Program Kejuruan baru yakni Program Jasa Boga. SMK Muhammadiyah  1 Blora ingin mengurangi angka pengangguran, sekaligus menyediakan tenaga kerja  khususnya  untuk berbagai Hotel Berbintang di kawasan Blok Cepu dan sekitarnya.

Program studi ini dirapkan akan mencetak kader-keder Muhammadiyah handal, yang cakap dalam bidang boga serta terampil dengan skill wirausaha.

Pada Tahun Ajaran 2014/2015, awal pertama  Prodi Jasa Boga sekolah ini didirikan, jurusan ini hanya diminati 13 pelajar, dan kini mereka sudah kelas XII.  Lalu pada Tahun 2015/2016 jumlah siswa yang diterima di program ini mencapai 44 siswa.

Pada Tahun Ajaran 2016/2017 jumlah peminat semakin naik drastis hingga 300%,  yakni mencapai 120an anak. Akan tetapi yang diterima hanya 80 an anak dan terbagi dalam 2 kelas. Banyak anak-anak yang ingin belajar di Prodi Jasa Boga  tapi tak bisa direma, anak-anak ini pun ada yang sempat marah, tapi guru-guru di sekolah ini menenangkan dengan sepenuh hati,sekaligus menunjukkan jalan terbaik.

Di SMK Muhammadiyah I Blora, bukan Prodi ini saja yang menolah peminat. Prodi yang lain juga. Jumlah siswa  di SMK Muhammadiyah I Blora memang dibatasi, karena Dinas Pendidikan Kabupaten Blora hanya mengizinkan penerimaan  siswa baru hanya untuk 15 kelas saja.

Pada Tahun Ajaran 2016/2017 yang lalu, sekolah  Daihatsu pertama di Indonesia ini menerima 600an lebih siswa baru. Ada ratusan lagi pendaftar yang tak bisa diterima akhirnya masuk di SMK Muhammadiyah 3  Kota Blora.

2 Tahun Berdiri, Raih Juara Tingkat Provinsi

Endah Wahyu, guru muda di SMK Muhammadiyah I Blora mengaku bangga dengan prestasi siswa-siswinya. Selain berkali-kali meraih juara di kompetisi seni budayadi tingkat provinsi, tata boga yang baru seumur jagung juga sudah berhasil meraih juara.

Karya Unggulan Yang Berprestasi

“Alhamdulillah meski baru berdiri 2 tahun dan belum meluluskan, anak-anak tata boga telah mampu berprestasi.Mereka masuk 5 besar dalam kompetisi LKS SMK tingkat provinsi dalam keahlian jasa boga” ujar Guru Bahasa Inggris ini.

Selain meraih banyak prestasi, Prodi Jasa Boga ini juga mendapat kepercayaan dari berbagai lembaga untuk menjalin kerjasama, seperti : RSUD Blora, RS Permata Blora, Solaria Resto and Longue, Ibis Hotel Yogyakarta, Ammi Hotel Cepu, dan sebagainya.

Baca : SMK Muhammadiyah Cikampek, Sekolah dengan Murid Terbanyak di Jawa Barat

Sekolah ini pun sering dikunjungi sekolah-sekolah lain untuk studi banding, dari SMK I Purwodadi, SMK Muh 7 Gondanglegi, SMK Muhammadiyah 1 Bantul, SMK N 5 Surabaya dan deretan sekolah lain yang ingin belajar dari berbagai prodi yang dimiliki SMK Muhammadiyah I Blora

Baca : (Datang dari Desa, MI Muhammadiyah Mojorembun Raih Dua Medali Sejawa Bali) dan (4 Sekolah Muhamamdiyah dengan Murid Terbanyak di Indonesia)

Atas pencapaian yang telah diraih, SMK Muhammadiyah I Blora tak ingin berpuas diri. Berbagai inovasi terus dilakukan(sp/red)