Muhammadiyah Wakili Indonesia Dalam ” Internasional Robot Contest ” Amerika Serikat

sangpencerah.id – Muhammadiyah menegaskan semangat Islam Berkemajuan lewat inovasi dan pencapaian di berbagai bidang, setelah sebelumnya menjadi 10 besar dalam lomba mobil listrik pada kompetisi International Shell Eco Marathon Asia 2017, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali mewakili Indonesia untuk tampil dalam kontes robot internasional di Trinity College Amerika Serikat.

Dalam kontes bertajuk Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) tersebut sebanyak tiga tim dari UMM akan mewakili Indonesia untuk berkompetisi di kategori robot pemadam kebakaran.

Tiga tim yang akan bertanding yaitu Tim Dome_Mu, Tim Unmuh Malang dan Tim InaMuh. Diutusnya UMM mewakili Indonesia dalam ajang internasional tersebut merupakan kelanjutan dari perlombaan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI).

Pada KRPAI Berkaki 2016 UMM berhasil meraih juara satu sekaligus penghargaan desain dan artistik terbaik. “Sebanyak lima mahasiswa dan dosen pembimbing akan berangkat ke Amerika Serikat (AS) pada 29 Maret 2017 nanti,” jelas Ketua Rombongan, Alik Ansyori Alamsyah, Senin (27/3/2017).

Selain Alik Ansyori, empat orang lainnya yang ikut rombongan yaitu Muhammad Irfan sebagai pembimbing, serta Ikhlal Aldhi Wijaya, Imam Fatoni, dan Salis Muchtar Fadhilah sebagai perwakilan dari setiap tim.

Robot UMM memiliki beberapa keunggulan dilihat dari beberapa aspek. Dari segi desain, kata Alik, robot UMM memiliki dimensi yang sangat kecil jika dibandingkan robot lain. Alik menjelaskan, dengan dimensi yang kecil, robot UMM akan dengan mudah menghindari halangan yang berada dalam arena.

“Setiap tahunnya robot UMM selalu mendapatkan penghargaan desain terbaik karena dimensi yang kecil itu,” ujar Alik.

Pada kompetisi TCFFHRC nanti, misi yang harus dilakukan adalah mencari dan memadamkan api lilin di arena lapangan. Robot yang paling cepat memadamkan lilin akan dinyatakan sebagai pemenang.

“Dengan kecepatan robot yang sudah teruji pada KRI 2016, di perlombaan internasional ini robot UMM optimis akan menjadi yang tercepat lagi,” ujar Alik.

Dalam hal ketepatan, robot yang akan dilombakan selama satu minggu (1-7 April2017) tersebut dibekali dengan delapan sensor ultrasonik dan dua sensor infra merah sebagai sensor jarak.

10 sensor ini dibekali agar mudah mendeteksi posisi lilin dan dapat menjangkau lilin dengan cepat. Selain itu, robot UMM juga dibekali sensor flame UVTRON-R9454 untuk mendeteksi api lilin. (sindo/sp)