Tanwir Muhammadiyah di Ambon, Umat Kristiani Antusias dan Ikut Berpartisipasi

Tanwir Muhammadiyah AMBON

SangPencerah.id– Persiapan pelaksanaan Tanwir Muhammadiyah mencapai 90 persen. Demikian laporan, Ketua Organizing Commite (OC) Pusat Tanwir Muhammadiyah, Marpuji Ali. “Untuk kesiapan InsyaAllah sudah mencapai 90 atau bahkan 95 persen,’ kata Marpuji kepada, Rabu (22/2).

Untuk pembukaan sejak Selasa (21/2) panitia sudah melakukan koordinasi dengan masalah pengamanan. Selain itu, panitia telah pula melakukan koordinasi dengan jajaran Pemerindah Daerah (Pemda) Maluku terkait fasilitas yang ada. Marpuji menjelaskan, peserta berasal dari tingkat wilayah dan provinsi, majelis tingkat pusat dan organisasi-organisasi Muhammadiyah yang ada. Selain itu, ada pula rektor-rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Kepala Rumah Sakit Muhammadiyah. “Total sekitar 400 peserta,” ujar Marpuji.

Ada yang unik juga dari penyelenggaraan Tanwir Muhammadiyah, kepada redaksi SangPencerah.id, Sri Luluk Agustininingsih Bendahara Tanwir Muhammadiyah mengungkapkan keterlibatan umat kristiani yang turut serta menyukseskan kegiatan tanwir. Teman-teman kristiani ini ikut menjadi pengisi acara untuk hiburan serta untuk panitia kegiataan. “Jadi ada panitia yang ditunjuk oleh SK Gubernur, maupun panitia yang yang ditunjuk dengan SK Walikota, yang dari panitia dari SK Gubernur ini diambilkan dari dua komunitas, bukan hanya muslim tetapi juga kristiani”, ujar Kepala SD Muhammadiyah Ambon ini.

Mahasiswa Kristiani pun turut serta bergabung dalam acara pembukaan untuk menyanyikan beberapa lagu seperti Sang Surya dan Rasa Sayange. Selain itu sanggar-sanggar seni milik umat Kristiani juga akan membawakan penampilan musik hawaian, totobuang, serta suling bambu.

Muhammadiyah juga tak ingin meninggalkan  kearifan lokal di Maluku, yakni spirit Pela Gandong. Pela gandong merupakan suatu sebutan yang di berikan kepada dua atau lebih negeri yang saling mengangkat saudara satu sama lain. Pela Gandong sendiri merupakan intisari dari kata “Pela” dan “Gandong”. Pela adalah suatu ikatan persatuan sedangkan gandong mempunyai arti saudara. Jadi pela gandong merupakan suatu ikatan persatuan dengan saling mengangkat saudara. Pela gandong sendiri sudah lama ada di Maluku, dan biasanya pela gandong itu terdiri dari dua negeri yang berlainan Agama (Islam dan Kristen).
Tanwir Muhammadiyah sendiri akan di gelar di Ambon, yang rencananya akan dibuka Presiden RI. Ir. Joko Widodo, Jum’at (24/2). Berbagai agenda kebangsaan dan keumatan juga akan digelar pada tanwir yang akan berlangsung hingga Ahad (26/2).