PAN Unggul di 51 Daerah, Sapu Bersih Kemenangan di DIY dan Jambi

SangPencerah.id– PAN menyatakan calon yang diusungnya di 51 daerah memenangi Pilkada Serentak 2017. PAN gembira dengan pencapaian ini.

“PAN merasa senang dan gembira karena paslon yang diusung bersama-sama dengan parpol koalisi banyak yang terpilih. Dari 94 paslon yang diusung, PAN menang di 51 daerah. Jadi sekitar 48%,” ujar Waketum PAN Viva Yoga Mauladi dalam jumpa pers di kantor DPP PAN, Jalan Senopati 113, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (16/2/2017).

Viva mengatakan masih menunggu secara resmi hasil KPU. Namun ia juga menegaskan 48% dari hasil pantauan monitoring laporan pengurus wilayah dan daerah PAN seluruh Indonesia.

Viva mengatakan PAN mengapresiasi kerja keras penyelenggara pilkada 2017 ini. Menurutnya, pilkada adalah jelmaan kedaulatan rakyat dalam demokrasi.

Dalam pantauan redaksi SangPencerah.id, PAN unggul di berbagai daerah dari Aceh hingga Papua. Bahkan di beberapa provinsi PAN menyapu bersih kemenangan seperti di Jambi dan DI Yogyakarta. Sedangkan di Lampung, dari 5 pemilihan kepada daera di Lampung, 4 daerah dimenangkan oleh calon yang diusung PAN.

Partai berlambang matahari ini dalam versi hitungan cepat di Jambi sementara menang dalam pertarungan di Muaro Jambi, Tebo dan Sarolangun. Seperti diketahui, data yang masuk di desk Pilkada Pemkab Muaro Jambi sudah 100 persen. Hasil terakhir pasangan calon (Paslon) nomor urut 3 meraih suara terbanyak. Hasil rekapitulasi pasangan nomor urut 3 yang diusung PAN dan PKB, yakni Hj Masnah SE-Bambang Bayu Suseno SP MM memperoleh suara 76.974 atau 40.2 persen.

Di Sarolangun, perhitungan cepat dari Jambi Riset Consulty paslon yang juga diusung oleh salah satunya PAN, PDIP, Golkar yakni Cek Endra-Hilallatil Badri memperoleh suara sebesar 57,12 persen. Dan terakhir di Tebo paslon Sukandar-Syahlan yang juga diusung oleh salah satunya PAN dan PDIP berdasarkan hitungan cepat meraih 90.073 suara atau 55.95 persen.

Di DIY Calon yang diusung PAN unggul di Kota Yogyakarta dan Kabupaten Kulonprogo. Di Lampaung, Partai berlambang matahari terbit ini menang di Lampung Barat (Lambar), Tulangbawang (Tuba), Tulangbawang Barat (Tubabar) dan Mesuji. (sp/ja)