Terbanyak di Jabar, Sekolah Muhammadiyah di Pelosok Ini Mendidik 1900 Siswa

SangPencerah.id– Mendengar kata Cikampek, tentu pikiran kita akan langsung tertuju pada sebuah nama pintu gerbang tol legendaris yang sering diberitakan media massa. Tapi siapa sangka, di Kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Karawang ini Muhammadiyah memiliki sekolah unggulan yang belum banyak di ketahui warga persyarikatan.

Membesarkan Sekolah, Mengharumkan Muhammadiyah

Rasa penuh syukur dan bangga itulah ungkapan kata yang bisa menggambarkan perasaan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Cikampek, Dede Setiabudi S.Hut., MM setelah nama sekolah yang dipimpinnya itu mendapatkan penghargaan sebagai The Best Favorite School in The Year dari Indonesia Achievement Center (IAC) di Hotel Lorin Sentul Bogor beberapa bulan yang lalu.

SMK Muhamadiyah Cikampek Raih Penghargaan Sekolah Favorit

Dede menjelaskan, penghargaan tersebut, merupakan suatu bukti pencapaian sekolah. Menurutnya, apa yang dicapainya itu adalah berkat kerja keras guru serta keluarga sekolah yang sudah membangunan sekolah sehingga menjadi lebih baik dari sebelumnya. Maka tak ada kata yang bisa dia curahkan selain berterima kasih kepada semua yang sudah membantu sekolah. “Bangga dan tentunya sangat bersyukur sekali bisa menjadi sekolah favorit,” ungkapnya, penuh bangga.

Dalam masa kepemimpinannya sejak tahun 2007 lalu hingga saat ini, merupakan suatu pencapaian yang sangat berharga bagi dirinya. Karena tidak mudah ketika membangun sekolah menjadi lebih baik dan perlu adanya kerja  keras serta dukungan dari semua keluarga sekolah pula. “Alhamdulilah sampai saat ini, dengan mendapatkan penghargaan itu merupakan suatu bukti bahwa sekolah Muhammadiyah berkembang dari setiap tahunnya,” ucapnya.

Anglung Arumba, SMK Muhammadiyah Cikampek yang sering meraih juara

Mengenai prestasi lainnya jangan ditanya, salah satu sekolah terbaik di Jawa Barat ini memiliki segudang prestasi,baik ditingkat lokal maupun nasional. Diantaranya Juara I Lomba PBB se-Jawa di Jakarta2016, Juara I Popwilda Jabar, Juara I Film Pendek BKKB Tingkat Jabar, Juara 3 Solo Pop tingkat Jabar, Juara 2 LKBB Paramatha Belanegara,Juara LKS Tingkat Provinsi, Juara Pidato 3 Bahasa dan Cermat, dan sederet kejuaraan yang  lainnya. Produk-produk unggulan pun dihasilkan seperti: regulator, motor, kursi goyang dan inovasi lainnya.

Sekolah yang memiliki tiga kelompok kejuruan ini memiliki puluhan kegiatan Eksul yang menarik, dari Olah raga ringan seperti Futsal hingga komunitas ekstrim Pecinta Alam. Seni dan Budaya di sekolah ini juga sangat maju, berkali-kali kelompok Angklung Arumba dan Marawis mendominasi kejuaraan seni budaya di Jawa Barat. Selain itu, seni tari, musik,vocal hingga perfilman juga terus dikembangkan.

Perjalanan Untuk Membesarkan

SMK TI Muhammadiyah Cikampek  sendiri berdiri pada Tahun 2003. Pada awal berdirnya,sekolah di pelosok Jawa Barat ini hanya memiliki puluhan siswa dengan 3 lokal kelas. Kini pada Tahun 2016/2017 SMK Muhammadiyah TI Cikampek  menerima siswa baru mencapai 648 siswa.

“Alhamdulillah,sekolah kami terus dipercaya masyarakat.Pendaftar pada tahun ajaran baru yang lalu mencapai 845. Akan tetapi, bupati menerapkan standart kuota,  sehingga banyak siswa yang tak bisa diterima, ujar Ust.Dede  Setiyabudi, Kepala SMK TI Muhammadiyah Cikampek kepada redaksi SangPencerah.id

Saat ini SMK Muhammadiyah Cikampek mendidik 1900 siswa yang menempati 50 lokal ruang kelas. Jumlah ini merupakan yang terbanyak,diantara SMA/SMK Muhammadiyah di Jawa Barat. Ribuan alumni yang diluluskan sekolah ini juga telah terserap diberbagai duniakerja secara cepat.

Rencananya akan didirikan lagi SMK Muhammadiyah 2 Cikampek dengan  kelompok kejuruan yang berbeda. Terinspirasi dari The Giwangkara Building-SMK Muhammadiyah Hargeulis Indramayu, rencanaya SMK baru ini akan dibangun 7 lantai.

Baca : Berikut  Ini,Vidio Drone Rumah Sakit Muhammadiyah Cirebon

Baca juga: The Giwangkara Building, Gedung Kebanggaan SMK Muhammadiyah Hargeulis

“Kami ingin mengabdi dan terus memajukan Kabupaten Karawang,  khususnya di Cikampek  melalui pendidikan. Selain  memiliki SMK Muhammadiyah yang sangat  maju, PCM Cikampek juga memiliki SMP Muhammadiyah Cikampek yang terus berkembang, saat ini muridnya mencapai 500an”,ujar Dede menambahkan.

baca: Bangunan Megah Ini,Milik Muhammadiyah Antapani

Baca juga : HUT Brimob ke-71, Paskibra SMA Muhammadiyah 4 Bandung Raih Juara Pertama

Dengan menjadi sekolah terfavorit, Dede hanya berpesan kepada semua guru serta siswa, bahkan keluarga besar sekolah untuk terus menjaga kualitas pendidikan dan menjaga nama baik sekolah, agar sekolah bisa terus menjadi lebih baik. “Terus menjaga kualitas pendidikan dan jaga nama baik sekolah,” pesannya. (sp/ja)

BAGIKAN
Berita sebelumyaApakah Jin Bisa Masuk Surga Atau Neraka?
Berita berikutnyaSoal Korupsi, Pemuda Muhammadiyah Terkecoh Pencitraan Ahok