STKIP Muh Manokwari : Di Pinggir Lautan, Produsen Guru Untuk Papua Pedalaman

SangPencerah.id- STKIP Muhammadiyah Manokwari merupakan satu diantara tiga perguruan tinggi milik Muhammadiyah di Provinsi Papua Barat.

Keberadaan kampus STKIP Muhammadiyah Manokwari yang berdiri sejak Tahun 2008 sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat Papua Barat terutama di Manokwari dan kabupaten kota lain yang terdekat.Perguruan ini memberi kontribusi besar untuk mengangkat pendidikan di Papua Barat.

Saat ini STKIP Muhammadiyah Manokwari Memiliki 5 Prodi S-1 (PGSD, Pendidikan Biologi, Matematika, Bhs Indonesia dan Bhs Inggris). PGSD adalah Prodi pertama dan paling banyak peminatnya di Papua Barat.

“Mahasiswanya kini berjumlah 1.060 orang (60% Putra Asli Papua dan non muslim). Ini menunjukkan pendidikan di Muhammadiyah untuk semua (education for all) tanpa memandang suku, agama, dan strata sosial”, ujar Mulyadi Ketua PWM Papua Barat.

Saat ini STKIP Muhammadiyah Manokwari memiliki dirktur baru.Diharapkan,perkembangannya semakin cepat dan terus bersaing dengan perguruantinggi lain di tanah Papua.

Alumninya saat ini sudah mencapai ribuan orang dan sudah  menyebar di seantero Papua hingga pedalaman untuk mengisi kekosongan guru.

Ketua PWM Papua Barat menikmati keindahan alam di STIKIP Muh Manokwari

Kampus STIKIP Muhamadiyah Manokwari memiliki landscape yang sangat indah, berada di perbukitan Arfai yang menyejukkan dengan pemandangan lepas ke lautan Pasifik. (sp/ja)