Pengadilan Menangkan Muhammadiyah Atas Gugatan Soal RSI Purwokerto

sangpencerah.id – Rumah Sakit Islam Purwokerto (RSIP), merupakan salah satu Rumah Sakit kebanggaan masyarakat Muslim Purwokerto yang didirikan Muhammadiyah telah berproses dan berdiri sekitar 30an tahun yang lalu (1983).

Rumah Sakit Islam Purwokerto ini dikelola secara operasional oleh Yayasan Rumah Sakit Islam (Yarsi) Purwokerto. Yayasan Rumah Sakit Islam (Yarsi) Purwokerto ini didirikan berdasarkan pada Akta Pendirian Notaris Nomor 34 Tahun 1983 tanggal 22-3-1983 (Akta Pendirian Pertama). Yayasan ini didirikan oleh 5 orang Tokoh Muhammadiyah Banyumas

Belakangan RSI Purwokerto digugat sejumlah pihak ke Pengadilan, hal ini berimbas merembet dan melebar menjadi gesekan di lapangan tentang perebutan rumah sakit tersebut yang jelas – jelas milik Muhammadiyah.

Namun konflik yang melanda RSI Purwokerto itu ditanggapi dengan elegan oleh Muhammadiyah, bagi Muhammadiyah jika ingin menemukan kebenaran formil dan materiil soal RSI Purwokerto maka Pengadilan adalah tempatnya.

Setelah melalui proses sidang yang panjang akhirnya pada hari Kamis 5 Januari 2017 Majelis Hakim Pengadilan Negri Purwokerto membacakan putusan nomor 0077/Pdt.G/2015/Pn Pwt yang pada pokoknya menyatakan gugatan Penggugat tidak dapat diterima ( Niet Ontvanlijke verklaard ) dan menerima eksepsi dari kuasa hukum Muhammadiyah yang menyatakan Penggugat tidak memiliki legal standing untuk menggugat Keputusan atau Kebijakan yang dibuat oleh RSI purwokerto atau YARSI yang dimiliki Muhammadiyah sesuai dengan mekanisme UU dan Anggaran Dasar.

Dengan putusan tersebut maka seluruh gugatan Penggugat terkait kepemilikan RSI Purwokerto ditolak dan semakin menegaskan kepemilikan RSI Purwokerto adalah milik Muhammadiyah, semoga putusan ini dihormati semua pihak dan tidak ada lagi upaya – upaya kelompok lain yang mengganggu legalitas RSI Purwokerto agar rumah sakit bisa berkonsentrasi memberikan pelayanan kesehatan bagai masyarakat ( redaksi sp )

BAGIKAN
Berita sebelumyaKader Muhammadiyah, Ber-IMM Secara Kaffah
Berita berikutnyaMuhammadiyah Luncurkan Lampu Hemat Energi “Surya LED”