Mana Yang Didahulukan, Wasiat Atau Waris?

ilustrasi

 

Assalamualaikum..akhi mw tanya masalah hukum waris, jika sang ahli waris sudah meninggalkan surat wasiat…mana yg harus di dahulukan? Wasiat atau hukum waris?

Wahyudi Abdurrahimm, Lc:

Hukum wasiat itu tidak boleh melangkahi waris. Wasiat maksimal hanya 1/3 dan tidak boleh wasiat  kepada ahli waris. Hadisnya sebagai berikut:
وَعَنْ سَعْدِ بْنِ أَبِي وَقَّاصٍ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ قَالَ : قُلْت يَا رَسُولَ اللَّهِ ، أَنَا ذُو مَالٍ ، وَلَا يَرِثُنِي إلَّا ابْنَةٌ لِي وَاحِدَةٌ ، أَفَأَتَصَدَّقُ بِثُلُثَيْ مَالِي ؟ قَالَ : لَا قُلْت : أَفَأَتَصَدَّقُ بِشَطْرِهِ ؟ قَالَ : لَا قُلْت : أَفَأَتَصَدَّقُ بِثُلُثِهِ ؟ قَالَ : الثُّلُثُ ، وَالثُّلُثُ كَثِيرٌ ، إنَّك إنْ تَذَرْ وَرَثَتَك أَغْنِيَاءَ خَيْرٌ مِنْ أَنْ تَذَرَهُمْ عَالَةً يَتَكَفَّفُونَ النَّاسَ  (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Artinya:
Dan dari Sa’d Bin Abi Waqqash r.a. beliau berkata: Saya berkata:,” Ya Rasulullah saya orang yang mempunyai harta yang banyak (kaya) dan tidak ada orang yang mewarisi saya kecuali seorang anak perempuan. Apakah saya sedekahkan dua pertiga hartaku? Nabi menjawab: jangan! lalu saya bertanya lagi: Apakah saya sedekahkan separuhnya?, Beliau menjawab, jangan! Saya bertanya lagi: Apakah saya sedekahkan sepertiganya? Beliau bersabda: “Ya, sepertiga, Sepertiga itu banyak. Sesungguhnya kamu tinggalkan ahli warismu dalam keadaan kaya lebih baik daripada kamu meninggalkan mereka dalam keadaan mereka melarat yang akan meminta-minta kepada orang. (H.R.Bukhari, Muslim).

Hadis di atas secara jelas menerangkan mengenai batasan wasiat dan larangan menzhalimi ahli waris dengan dalih wasiat. Hadis tersebut juga menerangkan bahwa tidak ada benturan antara warisan dan wasiat. keduanya tetap dapat berjalan seimbang sesuai dengan batasan yang telah ditetapkan oleh syariat. Wallahu a’lam