Di Kepulauan Seribu, Pemuda Muhammadiyah Berdayakan Peternak Kerapu

Sangpencerah.id – Pemuda Muhammadiyah melakukan sosialisasi program pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat di kecamatan Kepulauan Seribu. Fokus utama dalam sosialisasi tersebut adalah pemberdayaan perekonomian dengan cara beternak ikan kerapu.

Komandan Kokam dan SAR Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Mashuri Mashuda mengatakan, sosialisasi program tersebut untuk mendorong perekonomian masyarakat lewat beternak kerapu.

“Kami mendukung dan mengedukasi budidaya ikan kerapu yang memiliki kualitas ekspor, seperti penyediaan bibit, dan proses budidaya dengan teknologi terkini,” ujarnya saat berkunjung ke tambak kerapu di tengah laut wilayah Pulau Seribu, Ahad (8/1).

Warga memiliki beberapa kendala di dalam budidaya ikan kerapu tersebut. Mashuri menjelaskan, salah satu yang masih jadi keluhan peternak kerapu saat ini adalah pemasaran hasil panen.

“Jadi ketika panen, harga kadang bisa tidak sesuai,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, pihaknya juga menawarkan diri sebagai mediasi untuk calon mitra dan masyarakat yang ingin terlibat untuk memajukan peternakan kerapu di wilayah tersebut.

“Programnya bukan program hibah, kemitraan strategis dengan modal sekecil-kecilnya dan keuntungan sebesar-besarnya. Agar di saat panen harga bisa sesuai dengan hasilnya,” ujarnya. (sp/rol)