Cantiknya Gedung Baru Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Gedung Baru Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

SangPencerah.id– Universitas Muhammadiyah Palangkaraya merupakan universitas swasta terbesar di Kalimantan Tengah, berdiri sejak tahun 1987, kini telah berkembang pesat.

Gagasan untuk mendirikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya berawal dari hasil Muktamar Muhammadiyah ke 41 di Surakarta, yang ditindaklanjuti oleh Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah dengan membentuk panitia pendirian UM Palangkaraya melalui surat keputusan No. A-2/18/SK-PWM/1986 tanggal 28 Agustus 1986. Pendirian UM Palangkaraya diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Tengah dan dihadiri oleh Ketua Majelis Pendidikan Tinggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pada tanggal 1 Muharram 1408 H, bertepatan dengan 24 September 1987 M.

Pada awal berdirinya, UM Palangkaraya memiliki 4 fakultas, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian dan Fakultas Agama Islam. Perkembangan selanjutnya berdiri Fakultas Teknik pada tahun 1988, Fakultas Kehutanan pada tahun 2000 dan Fakultas Ilmu Kesehatan pada tahun 2006. Pada tahun 2011, Fakultas Pertanian digabung dengan Fakultas Kehutanan dan menjadi Fakultas Pertanian dan Kehutanan.

Gedung Baru UMP tampak dekat

Kini Universitas Muhammadiyah Palangkaraya menjadi perguruan tinggi terbesar di Kalimantan Tengah dan terus berbenah untuk menjadi yang terbaik. Salah satu proses itu adalah dengan membangun fasilitas-fasilitas untuk menopang kegiatan belajar mengajar.

Pada tahun 2015, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya mengawali pembangunan gedung baru  dan telah diresmikan pada pertengahan Tahun 2016 yang lalu. Gedung baru ini menjadi icon kampus yang mengusung tagline the green islamic campus.

(baca: Unmuh Palangkaraya Menjadi Pusat Obat Tradisional Berskala Dunia) baca   juga (Mahasiswa Unmuh Palangkaraya, Menjadi Yang Terbaik se-Kalimantan)

Gedung lima lantai ini didesain dengan arsitektur kekinian dengan kombinasi warna hijau, putih, krem, biru hingga hitam. Dinding-dinding dengan kaca transparan dan garis-garis vertikal serta horisontal membuat gedung ini semakin menawan. Tidak ketinggalan, gedung ini juga menampilkan ornamen khas Kalimantan yang dikombinasikan dengan garis merah.

baca : (Menjadi Walikota, Dosen Universitas Muhammadiyah Ini Sukses Mempercantik Palangkaraya) juga (Kampus Muhammadiyah Ini Mengelola 5000 Hektar Hutan Pendidikan)

Keberadaan gedung yang sangat cantik ini semakin mempercantik Kota Palangkaraya. Gedung ini dimanfaatkan untuk perkantoran, pusat administrasi dan kegiatan penunjang kemahasiswaan yang lainnya. (sp/aj)