Bantahan Yunahar Ilyas Atas Klaim “Kesesatan Tafsir At-Tanwir”

Launching Tafsir At-Tanwir

Sangpencerah.id –  Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah telah menerbitkan Kitab Tafsir At-Tanwir Jilid 1 yang merupakan Juz Pertama. Ada pihak yang memprotes terkait isi dalam kitab tersebut.

Majelis Mujahidin mengoreksi penyusun buku Tafsir At-Tanwir juz 1 pada halaman 439 alinea 1 memberikan tafsir yang menyesatkan tentang kepemimpinan dalam Islam :

“Dalam konteks keindonesiaan, pemimpin niscaya dipilih dengan seksama dari anak bangsa yang terbaik ditinjau dari berbagai aspeknya. Tidak pada tempatnya seorang dipilih menjadi pemimpin karena faktor kesamaan golongan, suku, agama, organisasi massa, dan partai politik semata”

Prof.Yunahar Ilyas,Lc,MA selaku Ketua PP Muhammadiyah yang membidangi Tarjih membantah tuduhan bahwa tafsir tersebut sesat. Beliau menjelaskan dalam memilih pemimpin seharusnya muslim yang jujur, amanah dan cakap.

“Baca dengan seksama, ada kata semata di akhir kalimat. Kita memang tidak hanya memiilih memimpin berdasarkan satu pertimbangan saja, tapi yang komprehensif. Misalnya, tidak cukup HANYA memilih pemimpin yang muslim semata, tetapi juga MUSLIM yang jujur, amanah, cakap. Kalimat itu tidak bisa diartikan pertimbangan agama tidak penting atau tidak perlu. Tidak demikian”, tegas Buya Yunahar. (sp/red)

BAGIKAN
Berita sebelumyaSofyan Anif Terpilih Jadi Rektor UMS
Berita berikutnyaGN-KOKAM : Tahan Terdakwa Penista Agama !!