Tunjukkan Kehebatan Indonesia, Pelajar Muhammadiyah Setiyabudi Ikuti Kontes Robot dan Matematika di Hongkong dan Korea

Sangpencerah.id – Empat Orang siswa dari Perguruan Muhammadiyah Setiabudi Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten tengah mengikuti International Youth Robot Competition (IYRC 2016 Korea) di Daejeon Convention Centre, Korea Selatan, pada tanggal 11-14 Agustus 2016. Mereka adalah kakak beradik Mikail Abdul Muqaddim dan Alden Malakian Hatta (siswa kelas 3 dan 1 SD Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang), serta Reynaldi Arrayan Isa dan Patria Alghani Isa (siswa SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang).

Sebelumnya, mereka berhasil menyabet Piala Kemenristekdikti pada Indonesia Robot Cup 2016, pada tanggal 24 April 2016, di Pusat Peragaan Iptek (PP-IPTEK) TMII Jakarta (IRC Kemenristek Dikti) dengan meraih Gold Prize Award. Dalam ajang lainnya yaitu International Youth Robot Competition (IYRC) Zona Indonesia mereka juga berhasil meraih Gold Prize Award.

Sementara itu dua orang siswa/i SD Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang, yaitu Aisy Hafidzah Fadlillah dan Muhammad Marvel Bramanta juga berangkat ke Hongkong dan Singapura untuk mengikuti Asia-International Mathematic Olympiad pada 2-6 Agustus 2016.

Tim Merah Putih “Garuda Junior” tersebut akan berhadapan dengan perwakilan berbagai negara di ajang kompetisi Internasional tersebut. Langkah mereka menuju kompetisi internasional tentu melalui proses yang panjang dengan berbagai prestasi yang mereka raih.

Alden dan Mikail misalnya, Alden Malakian Hatta pernah meraih Gold Prize (Piala Kemenristekdikti) dalam kategori Kinder Mission dalam Kompetisi Robot Nasional (KRON) tahun 2015. Tim Mikail-Alden lalu menyabet Gold Prize (Piala Kemenristekdikti) dalam kategori Scorpion Fighting pada Indonesia Robot Cup 2016. Lalu pada ajang International Youth Robot Competition 2016 Zona Indonesia, Mikail meraih Gold Prize Award dalam Goma Brain Mission Category.

Penghargaan lain yang mereka terima diantaranya adalah Bronze Price Award untuk Tim Mikail-Alden pada International Youth Robot Competition 2016 Zona Indonesia dalam kategori Robotic Sport Mission (Volley Ball Competition) dan Special Award Price pada ajang yang sama dalam Goma Brain Mission Category (Alden), serta Special Award Price pada Indonesia Robot Festival (I-ROFEST 2015) dalam Soccer Robotic Category untuk Tim Mikail-Alden.

Semoga saja dalam ajang International Youth Robot Competition (IYRC) 2016 di Daejeon Korea Selatan, Tim Merah Putih mampu mendapatkan hasil yang terbaik. Dengan munculnya “Garuda Junior” juga diharapkan akan menjadikan dunia robotik Indonesia semakin maju. (sp/redaksi)