Empat Kakak Beradik Pelajar Muhammadiyah Pamulang, Juarai Kontes Robot Di Korea

Empat kakak beradik yang meraih penghargaan

SangPencerah.id- Daejeon Korea – Perhelatan Robot tingkat Dunia yaitu International Youth Robot Competition (IYRC) 2016 Korea  di Daejeon Convention Centre, Korea Selatan, telah berlangsung pada tanggal 11-14 Agustus 2016. Kompetisi tersebut diikuti banyak negara diantaranya adalah tuan rumah Korea Selatan, China, Indonesia, Russia, Australia, Malaysia, Thailand, Israel, Vietnam, dan beberapa negara lainnya yang  tentu sudah memiliki kemajuan dalam dunia robotic. Peserta yang datang dari berbagai belahan dunia tersebut lebih dari 500 peserta, baik peserta perorangan maupun tim. Mereka berkompetisi secara sehat, memperlihatkan hasil karya robotnya dan mengoperasikannya dalam berbagai cabang kompetisi.

Tim Merah Putih “Garuda Junior” diantaranya diwakili oleh siswa Perguruan Muhammadiyah Setiabudi Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Mereka terlihat percaya diri berhadapan dengan peserta dari berbagai negara di ajang kompetisi Internasional tersebut. Setelah berjuang keras, alhasil Tim Indonesia tersebut memperoleh prestasi yang gemilang.

Kakak beradik Mikail Abdul Muqaddim dan Alden Malakian Hatta (siswa kelas 3 dan kelas 1 SD Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang), demikian juga kakak beradik Reynaldi Arrayan Isa dan Patria Alghani Isa (siswa SMP Muhammadiyah 22 Setiabudi Pamulang) berhasil mendapatkan beberapa Award. Empat orang siswa Perguruan Muhammadiyah Setiabudi Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten tersebut telah ikut mengharumkan nama Republik Indonesia di kancah Internasional. SD dan SMP Muhammadiyah Setiabudi Pamulang juga merupakan salah satu sekolah unggulan di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Penghargaan bergengsi yang mereka terima di ajang International Youth Robot Competition (IYRC) 2016 Korea adalah Bronze Prize Award untuk kategori Creative Robot (Mikail & Alden), Bronze Prize Award untuk kategori Coding Mission (Reynaldi & Patria), Bronze Prize Award untuk kategori Creative Robot (Reynaldi & Patria), Excellence Award kategori Volleyball Robot (Mikail & Alden), Excellence Award kategori perorangan untuk Steam Mission (Mikail), Excellence Award kategori Steam Mission (Alden), Excellence Award kategori perorangan untuk Push-Push (Reynaldi) dan Excellence Award kategori Push-Push (Patria).

Prestasi gemilang yang mereka persembahkan untuk Indonesia menjelang HUT RI ke-71 itu tentu harus disyukuri dan mereka patut diberi apresiasi. Indonesia tentu bangga memiliki anak bangsa yang disebut sebagai “future scientist” sebagaimana tertulis dalam sertifikat yang ditandatangani oleh President IYRA (International Youth Robot Association) Kyujung HAN, pada 14 Agustus 2016.

Kakak beradik Mikail & Alden merupakan putra dari pasangan Sutia Budi (Wakil Ketua STIE Ahmad Dahlan Jakarta) dan Alida Wahyuni. Sementara Reynaldi dan Patria merupakan putra dari pasangan Iwan B. Isa dan Chathlea Agustine. Kedua orang tua mereka merasa senang dan tentu sangat bersyukur karena putra-putranya bisa mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Dengan prestasi yang diraih anak bangsa pada International Youth Robot Competition (IYRC) 2016 di Daejeon Korea Selatan diharapkan akan semakin memacu generasi muda Indonesia untuk menghasilkan karya-karya robotic yang dapat membantu berbagai dimensi kehidupan manusia, serta dapat memacu kemajuan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) Indonesia pada umumnya.