Teka-Teki Kenapa Disebut Ramadhan?

60

Seri Kajian Ilmu

Ust mau tanya, kenapa disebut dg bulan ramadhan?

Ust Wahyudi Abdurrahim, Lc:
Banyak pendapat mengenai arti dari bulan ramadhan. Menurut Ibnu Darid, Ramadhan berasal dari kata ramdha’, yang artinya panas. Dinamakan bulan ramadhan, karena sering muncul di musim panas.

Pendapat ini menjadi logis, jika kita mengacu mengenai bulan kamariyah sebelum diluruskan kembali oleh al-Quran. Bulan Qamariyah jumlahnya disamakan dengan bulan Syamsiyah menjadi 365 hari oleh sebagian orang Arab yang disebut dengan Annasi’. Karena mengacaukan bulan, menentukan bulan tidak lagi sesuai dengan perhitungan perputaran bulan dan memutarbalikkan bulan-bulan haram, oleh al-Quran mereka disebut dengan ziyaadatan fil kufri (kafir kuadrat).

Bukankan antara bulan Qamariyah dan Masehi terpaut sekitar 11 hari? Lantas dari mana tambahan dari kekurangan hari itu? Kekurangannya ditambahkan di akhir tahun bulan Qamariyah. Setelah itu, mulai lagi bulan baru. Dengan demikian, maka Ramadhan akan selalu jatuh pada musim panas.

Ada yang mengatakan bahwa perintah puasa, bersamaan dengan musim panas. Hanya saja, pendapat ini lemah, karena jauh sebelum nabi Muhammad di utus, nama bulan Ramadhan sudah ada.

Menurut Zamasyari dan Almawardi bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan puasa yang biasa dilakukan oleh orang Arab sejak sebelum Islam datang. Sementara puasa sendiri membuat tubuh manusia menjadi panas.

Menurut Ziyad bin Maimun bahwa disebut Ramadhan, karena pada bulan ini, hati seorang muslim akan mendapatkan panasnya siraman rohani Ramadhan. Pendapat ini juga lemah, mengingat nama Ramadhan sudah ada sebelum Islam datang.

Pendapat lain menyatakan bahwa disebut Ramadhan, karena di bulan ini, panasnya puasa akan dapat menghancurkan dosa seorang muslim. Lagi-lagi pendapat ini lemah karena nama Ramadhan sudah ada sebelum Islam datang.

Para ulama bahasa lebih memilih pendapat yang mengatakan bahwa ramadhan berasal dari kata ramdha’ yaitu sangat panas. Disebut bulan Ramadhan karena bulan ini jatuh di musim yang sangat panas.
Wallahu a’lam.
—-❤

Bagi yang ingin wakaf tunai untuk pembangunan Pondok Modern Almuflihun, silahkan salurkan dananya ke: Bank BNI Cabang Magelang dengan no rekening: 0425335810 atas nama: Yayasan Al Muflihun Temanggung. SMS konfirmasi transfer: +201120004899

〰〰〰〰〰
Raih pahala. Sebarkan
Ikuti kajian lainnya.. gabung bersama kami

Tim Sang Pencerah
Website: sangpencerah.id
▶ Chanel Telegram : kajiansangpencerah
Email : websangpencerah@gmail.com