Belajar Kasih Sayang Dari Kemesraan NU dan Muhammadiyah Lumajang

Aksi Pijat-Pijatan Antara Ketua PDM Lumajang, Ketua PCNU Lumajang, Ketua DPRD Lumajang (Alumni SMA Muhammadiyah). (Foto : Dokumentasi Ketua PDM Lumajang)

SangPencerah.com- Lumajang merupakan salah satu daerah yang berada di bagian selatan Jawa Timur. Meskipun mayoritas muslim disini adalah jamaah Nahdliyin, akan tetapi laju dakwah persyarikatan melaju dengan pesat. Beberapa amal usaha yang pesat antara lain pendidikan dan ekonomi, beberapa bulan yang lalu Website Sang Pencerah ini pernah mensyiarkan bagaimana kehebatan Pom Bensin Muhammadiyah Lumajang. Amal usaha ekonomi kebanggaan persyarikatan ini mengalami perkembangan yang signifikan.

Kepada SangPencerah.com bulan Januari yang lalu,  Ketua PDM Lumajang mengungkapkan bahwa dakwah Muhammadiyah dan NU di Lumajang berjalan teduh beriringan. Saat ini Bupati Lumajang yang terpilih merupakan aktivis NU dan Ketua PC NU Lumajang, walaupun begitu ia sangat dekat dengan Muhammadiyah, bahkan pernah menjadi pengajar di sekolah Muhammadiyah Lumajang. Adapun Wakil Bupati Lumajang saat ini merupakan aktivis Muhammadiyah sejati yang masih memiliki kekerebatan dengan Tokoh Senior Muhammadiyah, Prof. Malik Fadjar.

Selain dalam strutur formal pemerintahan, dimana NU dan Muhammadiyah saling bersinergi dan berbagi peran. Dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari, NU dan Muhammadiyah pun selalu tampil mesra. Misalnya dalam menyambut Ramadhan tahun ini, NU dan Muhammadiyah insya allah akan menyambutnya bersama-bersama, menyebar beberapa himbauan dan baliho diberbagai titik di Lumajang.  Dalam isu kebangsaan, perbaikan moral generasi muda, pemberdayaan umat dan ragam isu kesejahteraan umat lainnya, NU dan Muhammadiyah lumajang selalu tampil mesra bekerjasama.

Kebersamaan ini nampak pula dari foto yang di posting di akun sosial media. Diakun facebooknya Ketua PDM Lumajang menulis caption ” Tiga Ketua Bersatu : Saling pijat. Gantian antara Ketua PDM, PC NU DAN KETUA DPRD LUMAJANG. Hasilnya bukan hanya menghilangkan penat tetapi juga meningkatkan kebersamaan. Ya, Ketua PDM Lumajang ini memposting fotonya bersama Ketua PC NU dan Ketua DPRD Lumajang -yang juga alumni SMA Muhammadiyah-dalam sebuah acara Leadership Camp di Mojokerto. Foto ini pun mendapatkan reaksi positif dari beberapa netizen, diantaranya dari Abdul KadirMantap Pak…saya kira kegiatan seperti ini ditularkan ke daerah lain…meniko inisiatif pemda?, Akun Agus Suharjono memberi komentar serupa “Alhamdulillah, sejuk rasanya melihat ekspresi ketiga tokoh ini. Realisasi Bhineka Tunggal Ika, berbeda, semoga hati tetap menyatu demi Lumajang yg sejahtera dan bermartabat, semoga Allah SWT meridhoi di bawah kepemimpinan “Kartini” utk masa yg tdk lama lagi … aamiin. (sp/jwt)