Kalahkan Sekolah Negeri dan Non Muslim, Sekolah Muhammadiyah Dominasi Juara Kompetisi Honda

SangPencerah.com- Siswa SMK Muhammadiyah 3 Weleri berhasil menyabet juara I lomba Honda Technical Skill Contest tingkat Jawa Tengah tahun 2016 yang digelar setiap tahun oleh PT Astra Honda Motor (AHM) di Semarang, belum lama ini. Dengan prestasinya itu, sekolah ini berhak mewakili Jawa Tengah maju ke tingkat nasional pada lomba yang sama pada Juni, mendatang, di PT Astra Honda Motor, Jakarta.

Kepala SMK Muhammadiyah 3 Weleri, M Yusuf Darmawan, mengatakan, siswanya yang mampu membanggakan sekolahanya itu yakni bernama Afrizal Khozin, siswa kelas XI  jurusan teknik sepeda Motor (TSM). Ada tiga tahapan dalam lomba honda technical skill contest itu yaitu, pra contest, contest dan grand final.

“Pada tahap pra contest dan contest pesertanya ada 40 siswa kelas XI jurusan TSM dari SMK binaan honda se Jateng. Namun, pada pada tahap grand finalnya hanya diambil 5 terbaik saja. Setelah diadu lagi, siswa kami depat peringkat I dengan total nilai 84,0. Peringkat II siswa SMK Kristen Klaten, total nilai 82,4 dan peringkat III siswa SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar, total nilai 67,1,” kata dia, Sabtu (2/4).

Dia mengungkapkan, dalam lomba Honda Technical Skill Contest, dalam setiap tahapan kategori lomba, setiap siswa peserta lomba akan diuji kemampuan dan ketrampilan dengan berbagai materi soal yang telah diberikan panitia penyelenggara. Berbagai materi yakni, teori, praktek meja (PM), trouble shooting (TS) dan customer handling bahkan hingga uji materi atas pemahaman kemampuan atas teknologi terbaru (update knowledge).

“Kami bangga dengan capaian nilai per materi yang diperoleh Afrizal, sehingga dinobatkan sebagai juara I, total nilai 84,0. Sebab sebelumnya kami tak mengira dia bisa mampu berbuat dengan hasil yang luar biasa ini. Semua materi trouble shooting 1 dan 2 dan PM dapat dikerjakan dengan baik. Misal, pada TS 2, total bobot nilai TS (30%) nya, adalah 99,0 dan nilai rata-rata PM nya, 89,5, dengan total bobot nilai PM (50%) sebesar 44,8. Kemudian grand total TS 1 dengan nilai 77,5,” ungkap dia.

Dia menyatakan, akan mendukung dan melakukan pendampingan pada siswanya, Afrizal yang akan mewakili Jawa Tengah ke tingkat nasional pada lomba Honda Technical Skill Contest 2016 yang rencananya berlangsung Juni. Yakni, salah satunya dengan melakukan evaluasi yang menjadi titik kelemahan siswanya dalam menyelesaikan materi yang diberikan panitia selama mengikuti  lomba Honda Technical Skill Contest di PT Ahas Honda Motor (AHM) center, Semarang.(sp/radarpekalongan)