Ketum PP Muhammadiyah Bertemu Grand Syekh Al Azhar di Mesir

Dr Haedar Nashir Bertemu Syaikh Al Azhar

SangPencerah.com – Grand Syekh al-Azhar, Prof. Dr. Ahmad al-Thayyeb menyambut tamu dari Indonesia, Prof. Dr. Haedar Nashir (Ketua Umum PP Muhammadiyah) beserta rombongan. Beliau menyampaikan bahwa kunjungan Grand Syekh beberapa waktu lalu ke Indonesia meninggalkan kesan yang luar biasa bagi rakyat Indonesia. Beliau juga menguatkan bahwa al-Azhar al-Syarif adalah benteng utama umat Islam, yang di sekitarnya dikelilingi oleh umat Islam dengan kekayaan sejarahnya.

Selain itu, Prof. Dr. Haedar Nashir juga menyampaikan peran Muhammadiyah dalam dakwah, sosial, kesehatan dan tentunya dalam bidang pendidikan. Muhammadiyah telah membangun banyak sekolah, universitas, rumah sakit dan panti asuhan. Universitas yang didirikan Muhammadiyah misalnya, berjumlah 172. Selain itu, beliau juga menyampaikan perjalanan Muhammadiyah yang berada dalam rel pembaharuan dan menciptakan terobosan-terobosan baru dari berbagai lini kehidupan demi kemajuan peradaban Islam.

Grand Syekh al-Azhar menyambut baik kedatangan tamu dari Indonesia sekaligus menekankan bahwa Indonesia adalah bagian besar dari keseluruhan umat di dunia Islam. Grand Syekh juga menyampaikan bahwa dalam kunjungannya beberapa waktu lalu, beliau melihat berbagai kemajuan dalam bidang keilmuan, kebudayaan, ekonomi, peradaban dan kemanusiaan. Kita semua bangga dengan pencapaian Indonesia sebagai negara muslim terbesar. Pencapaian ini dapat menjadi balasan ilmiah dari pernyataan, “Pilih kemajuan peradaban, atau pilih Islam!”

Grand Syekh al-Azhar melanjutkan bahwa al-Azhar al-Syarif -dengan komitmennya dalam memberikan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia, mengirim utusan ke Indonesia, pelatihan imam masjid demi menghadapi tantangan masa kini dan mempersatukan umat- mengajak untuk berusaha mempersatukan umat dengan perbedaan madzhab mereka, juga menghentikan untuk saling mengkafirkan sesama muslim.(sp/fsz)