Afnan Hadikusumo Sosialiasi 4 Pilar Kebangsaan dengan Pemuda Muhammadiyah

Sosialisasi 4 Pilar MPR dan PDPM Bantul

SangPencerah.com – Ahad (28/2) Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar berkebangsaan tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, serta Bhineka Tunggal Ika bertempat di Aula Bank Bantul. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama PDPM Bantul dengan DPD RI, diikuti oleh perwakilan PCPM se-kabupaten Bantul serta anggota KOKAM Kabupaten Bantul.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini yaitu Muhammad Afnan Hadikusumo, anggota DPD RI dapil DIY dan H. Suwandi Danu Subrata dari Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY (LHKP PWM DIY). Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini, pertama menguatkan sinergi antara DPD RI dengan OKP, dalam hal ini adalah PDPM Bantul. Kedua, sebagai bentuk peningkatan rasa nasionalisme terhadap NKRI.

Afnan Hadikusumo, dalam pemaparannya menyampaikan tentang pentingnya generasi muda (Pemuda Muhammadiyah) untuk ikut berperan menjaga persatuan dan kesatuan NKRI. Selain itu, sebagai generasi muda harus berusaha untuk menuntut ilmu setinggi mungkin, agar kelak dapat menjadi SDM yang dapat mengelola SDA di Indonesia secara mandiri. Hal tersebut berdasarkan fakta bahwa negara Indonesia memiliki kekayaan SDA yang sangat melimpah, namun karena SDM belum mumpuni maka yang mengolah dan mengelola adalah SDM asing, sehingga kita sebagai Warga Negara Indonesia asli hanya bisa sebagai penonton.

Dalam hal menjaga keutuhan NKRI, saat ini terdapat upaya-upaya dari oknum yang tidak bertanggungjawab untuk memecah belah NKRI, dengan menciptakan konflik horizontal dan vertikal. Sehingga sebagai generasi muda harus menguatkan kembali 4 pilar berkebangsaan, agar tidak mudah dipecah belah oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Sesi II, H. Suwandi, D.S., (LHKP PWM DIY) menyampaikan tentang peran Muhammadiyah dalam berbangsa bernegara.  Muhammadiyah ikut berperan dalam kemerdekaan Negara Indonesia, dan ikut berperan serta berkiprah dalam penyusunan dasar-dasar negara. Muhammadiyah ikut berperan serta dalam menjaga keutuhan dan kesatuan NKRI, sehingga setiap anggota Muhammadiyah harus ikut berperan pula dalam menjaga keutuhan NKRI. (sp/mch)

Reporter : Ardi Kiswanto