Ratusan Korban Banjir Mojorembun Datangi Pengobatan Gratis Dari Muhammadiyah

182
Pengobatan di Balai Desa Mojorembun
Pengobatan di Balai Desa Mojorembun

SangPencerah.com- Menghadapi musim hujan seperti saat ini, musibah banjir kembali datang di berbagai daerah.  Salah satu wilayah yang terdampak banjir adalah kawasan Blora selatan, tepatnya di Desa Mojorembun, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora.  Hujan yang terjadi pada Ahad sore hingga malam mengakibatkan Kali Wulung yang bermuara ke Bengawan Solo meluap, ratusan rumah di Desa ini pun tenggelam oleh banjir.  Ketinggian banjir yang mencapai 1 hingga 2 meter memutus jalan penghubung antar desa hingga menenggelamkan berhektar-hektar sawah siap panen, aktivitas perekonomian pun lumpuh sementara. Beberapa amal usaha Muhammadiyah-‘Aisyiyah seperti TK ABA 1 Mojorembun, Posyandu Lansia, serta masjid turut pula terkena dampak.

Banjir  yang melanda Desa Mojorembun
Banjir yang melanda Desa Mojorembun

Merespon musibah banjir yang menimpa di desa yang berjarak 60km dari pusat kabupaten ini, Muhammadiyah melalui Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) Blora bekerja sama dengan RS PKU Muhammadiyah Cepu dan berkoordinasi dengan PRM Mojorembun Selatan mengadakan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk meringankan beban warga.  Sejak posko kesehatan ini dibuka di balai desa setempat pada hari Rabu (10/2), sore hari kemarin, tampak ratusan warga korban banjir ikut serta mengantri.  Berbagai masalah kesehatan pun dikeluhkan masyarakat, seperti  pusing, kutu air, demam tinggi, batuk, asam urat, diabetes serta tak jarang yang melakukan pengecekan tensi darah. Selain mendapatkan pengobatan dan konsultasi kesehatan, warga Desa Mojorembun juga mendapatkan obat secara gratis.

Wakil Bupati Blora bersama MDMC dan perangkat desa setempat
Wakil Bupati Blora bersama MDMC dan perangkat desa setempat

Kegiatan sosial Muhammadiyah di Blora ini juga mendapatkan pantauan langsung dari Wakil Bupati Blora terpilih, Arif Rohman yang turut serta menyambangi warga.  Lia, salah satu aktivis MDMC Blora mengungkapkan kegembiraannya “Alhamdulillah, respon warga Desa Mojorembun sangat luar biasa, ratusan warga  mengantri dengan tertib, bahkan masih banyak yang ingin berobat hingga maghrib.” Selain mengadakan pengobatan gratis, MDMC Blora berkoordinasi dengan BPBD Blora terus melakukan simulasi kebencanaan dan memantau perkembangan alam sebagai langkah preventif sebelum bencana terjadi.  (sp/lia-jwt)