PP Muhammadiyah Lantik Wakil Rektor Unmuh Palangkaraya

SangPencerah.com – Wakil Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr. H. Chairil Anwar secara resmi melantik Wakil Rektor (WR) I, II, III, dan IV di Aula Unmuh Palangkaraya, belum lama ini.

Wakil Rektor I yang sebelumnya dijabat oleh Drs. Supardi, M.Pd  digantikan oleh Dr. Sonedi, M.Pd, Wakil Rektor II yang sebelumnya dijabat oleh Dr. H.M. Yusuf, M.AP di gantikan oleh Drs. Supardi, M.Pd, Wakil Rektor III sebelumnya dijabat oleh Dr. Sonedi, M.Pd digantikan oleh Laksminarti, SH., MH, dan Wakil Rektor IV dijabat oleh Dr. H.M. Yusuf, M.AP.

Dalam Sambutanya Dr. Chairil Anwar menyampaikan bahwa pergantian pimpinan di lingkungan perguruan tinggi adalah hal yang biasa itu dilakukan untuk menjalankan roda organisasi supaya berjalan lebih baik.

Lebih lanjut Chairil Anwar menyampaikan apresiasi kepada para wakil rektor lama atas kinerja dan kerjasama yang baik selama masa jabatannya. Serta mendorong para Wakil Rektor yang baru dilantik untuk menunjukan kekompakan, satu suara dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya serta bekerja keras untuk mewujudkan Unmuh Palangkaraya yang berdaya saing di tingkat nasional.

Dalam mengakhiri sambutannya Dr. Chairil anwar menekankan bahwa UM Palangkaraya harus dibangun dengan kreatifitas dan harmonisasi berdasarkan kekeluargaan. Karena dengan kreatifitas, suatu institusi Perguruan Tinggi dapat maju dan berkembang.

Rektor Unmuh Palangkaraya Drs. H. Bulkani, M.Pd, dalam wawancara usai pelantikan menyampaikan bahwa ada beberapa hal  penting kepemimpinan yang diamanatkan kepada keempat wakil rektor yang baru dilantik.

Pertama, wakil rektor memiliki kewajiban menentukan arah kedepan dan cara mewujutkannya, serta harus menerima aspirasi dari setiap siitas akademika Unmuh Palangkaraya untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.

Kedua, menyampaikan kepada komunitas di bawah pimpinan bidang masing-masing bagaimana mencapai tujuan tersebut. Ketiga, melakukan pelayanan atas apa yang orang tua mahasiswa dan mahasiswa butuhkan serta amanatkan.

Selanjutnya Bulkani menyampaikan bahwa wakil rektor adalah contoh dan panutan dalam segala aspek di kampus serta disiplin kehadiran dan sikap baik dalam keseharian akan menjadi pusat perhatian dari warga kampus di Unmuh Palangkaraya. Oleh sebab itu pesan Rektor kepada pawa wakil rektor agar selalu memberikan contoh disiplin dan teladan yang baik bagi sivitas akademika Unmuh Palangkaraya.

Selain menyampaikan beberapa hal penting tersebut, Bulkani juga akan mengamanatkan satu per satu para wakil rektor sesuai dengan bidangnya masing-masing, serta berharap semoga para wakil rektor masa jabatan 2015 – 2019 bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya.

“Unmuh Palangkaraya memang unggul dan terbesar swasta di Kalimantan Tengah, tetapi jangan terlalu berbangga hati, karena kebesaran itu adalah sebuah tanggung jawab yang besar,” ujar Bulkani.

Bersamaan dengan pelantikan para wakil rektor Unmuh Palangkaraya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. H. Muhajir Effendi, mengukuhkan Drs. H.M. Yamin Muhtar, Lc., M.PdI selaku Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah beserta empat belas anggota pimpinan yang lain, dan Dra. Hj. Norhayati. MT, MM selaku Ketua Pimpinan Aisyiyah Provinsi Kalimantan Tengah beserta jajaran pengurus PW. Aisyiyah yang lain,  Periode 2015 – 2020. (sp/rol)