PDM Tertua di Indonesia Hari Ini Melaksanakan Musyawarah Daerah

Islam Agamaku, Muhammadiyah Gerakanku

SangPencerah.com – Hari ini Sabtu, 13 Februari 2016, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta menggelar Musyawarah Daerah (Musyda). Menurut koresponden Sang Pencerah di Yogyakarta, Musyda Muhammadiyah Kota Yogyakarta akan digelar di SMK Muhammadiyah 3 Jalan Pramuka Yogyakarta. Musyda akan berlangsung 2 hari sampai dengan Ahad, 14 Februari 2016.

Musyda kali ini dimeriahkan juga dengan acara pendukung seperti Lomba Mewarnai untuk anak TK dan SD bertempat di arena Musyda, Ahad, 14/2, pukul 8.00. Digelar juga bazzar dengan puluhan stand dari Cabang, Ranting dan Ortom se Yogyakarta.

Musyda kali ini mengusung tema: “Satukan niat, bulatkan tekad, menuju Kota Yogyakarta yang Berkemajuan”. Musyda akan mengagendakan Laporan Pertanggungjawaban, Rencana Program Kerja dan Pemilihan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Yogyakarta periode 2015-2020.

Perlu diketahui, PDM Yogyakarta merupakan PDM tertua, yang pertama kali berdiri. Dalam perkembangan Muhammadiyah bimbingan Houvbestuur (pimpinan pusat) Muhammadiyah atau pusat Pimpinan waktu itu ada Muhammadiyah Cabang Suronatan yang meliputi seluruh Kota Yogyakarta, diketuai oleh bapak H Martojumono, bapak Muhadi, bapak Wasool Dja`far, dan bapak H. Wasir Nuri.

Dari Cabang Suronatan itu kemudian menjadi Cabang Yogyakarta di bawah Pimpinan H. Wasir Nuri, dan kemudian berkembang tiap kecamatan berdiri satu cabang Muhammadiyah, seperti cabang khusus Karangkajen, Cabang Gondokusuman dan Cabang Gedong Tengen. Kemudian atas perkembangan yang istimewa, dimana golongan kaum komunis tampak garang dan ganas dalam kebencian pada islam, justru tahun 1962 Muhammadiyah dan perkembangannya tambah pesat, dimana dua Cabang yaitu Gondomanan dan Gedong Tengen dijadikan satu, dan menjadi modal berdirinya Daerah Kota Yogyakarta.

Selamat ber-Musyda Muhammadiyah Kota Yogyakarta, semoga menghasilkan program yang bermanfaat untuk umat dan melahirkan pimpinan baru yang mampu mengemban amanat.(sp/amr)