Muhammadiyah Diundang Berdakwah di Inggris

sangpencerah.id – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan The Muslim College London, United Kingdom (UK), dalam waktu dekat mengadakan kerja sama. Kerja sama itu berupa dalam pengembangan Islam dan Muhammadiyah serta UMM diundang berdakwah di Muslim College Inggris.

Hal ini terungkap dalam kuliah tamu yang menghadirkan Kepala Muslim College, Dr Mohamed M. Benotman dan koordinator bidang akademik, Dr Faissal Hameed, Senin 15 Februari 2016. “Kami berharap umat Islam semakin berkembang dengan dakwah yang kuat,” kata Rektor UMM, Fauzan, Senin 15 Februari 2016.

Kerja sama itu dibungkus dalam program pertukaran dosen dan mahasiswa. Kedua perguruan tinggi itu juga sepakat saling berkirim dosen untuk memberikan kuliah tamu, termasuk UMM juga menawarkan program summer courses di kampusnya.

Sedangkan mahasiswa UMM akan diberikan kemudahan untuk melanjutkan kuliah S2 dan S3 di Muslim College. “Ada keringanan biaya kuliah,” ujar Fauzan.

Kepala Muslim College London, Dr Mohamed M. Benotman, menjelaskan pada 1971 jumlah umat muslim di Inggris sekitar 500 ribu dibangun 30 masjid. Sedangkan 40 tahun kemudian umat muslim berkembang menjadi 5 juta dengan 1.500 masjid.

“Umat agama lain juga belajar di Muslim College untuk mempelajari Islam. Sehingga terbangun toleransi lintas iman,” katanya.

Muslim College, katanya, juga memberi pemahaman Islam kepada masyarakat Inggris. Di negeri itu, diakunya, Islam adalah agama minoritas namun tetap dihargai. “Pangeran Charles sering berkunjung ke kampus dan berdiskusi perkembangan Islam,” ujarnya.

Benotman mengaku berkunjung ke Indonesia untuk mempelajari Islam mengingat Indonesia adalah negara dengan pemeluk Islam terbesar. Itu sebabnya Indonesia dipilih sebagai negeri untuk dipelajari budaya, sejarah dan perkembangan Islam di dalamnya. (tmp/sp)