Bagaimana Hukum Partai Politik Dalam Islam ?

422

Seri Kajian Ilmu :

Jamaah:
Assalamu’alaikum pak ustadz…
pak ustadz..partai politik haram nda…?

Ustadz Wahyudi Abdurrahim, Lc:

Waalaikum salam…ikhwah fillah. Parpol itu sarana. Jadi bergantung pada tujuan. Kalau tujuan baik, seperti sebagai sarana utk amar makruf nahi munkar, maka ia boleh dan baik. Bahkan amar makruf nahi munkar ini menjadi sebuah kewajiban. Firman Allah:

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma`ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung. (Ali Imran: 104)

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ
Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. (Ali Imran : 110)

⏩ Terkadang membuat suatu sarana menjadi wajib jika sebuah tujuan yg baik tdk bisa ditegakkan selain dengan sarana tadi. Ini sesuai dengan kaedah ushuliyah:
ما لا يتم الواجب الا به فهو واجب
Suatu kewajiban yg tdk dapat ditegakkan kecuali dg membentuk sarana tertentu, maka membentuk sarana tadi hukumnya menjadi wajib.

Tpi klo mendirikan parpol tujuannya buruk dan bertentangan dengan syariat, seperti uuntuk menerapkan ideologi komunis, maka ia buruk dan haram.

✒ Apakah parpol awalnya buatan orang kafir …jadi kita nda boleh mengikuti mereka…?

Sarana gak ada masalah buatan orang kafir. Seperti speaker untuk azan dan pengajian, itu sarana uuntuk perkara yg baik dan dibolehkan meski speakernya buatan china. Yang haruss digarisbawahi adalah tujuannya. Tentu saja tujuan yg baik harus disertai sarana yg baik. Tidak diperkenankan juga tujuan yang baik dengan menggunakan sarana yg buruk seperti wudhu dengan air kencing maka wudhunya tidak sah. Kita diharamkan menghalalkan segala cara untuk meraih tujuan. Sarana tetap ada rambu-rambunya yaitu sesyai dengan prinsip syariah. Wallahu a’lam.

〰〰〰〰〰
Raih pahala. Sebarkan
Ikuti kajian lainnya….gabung bersama kami

Tim Sang Pencerah
Website: sangpencerah.id
Fanspage FB : websiteSangPencerah
Twitter : @SangPencerahWeb
▶ Chanel : telegram.me/kajiansangpencerah
Email : websangpencerah@gmail.com