10 Pelajar SD Papua Khatam Alquran

Biak- Sebanyak 10 murid pendidikan sekolah dasar di Kabupaten Biak Numfor, Papua mengikuti prosesi wisuda khataman santri membaca Alquran metode qiraati diselenggarakan lembaga pendidikan Alquran setempat, Ahad (29/11).
Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Muhammad Darumi mengakui, pendidikan membaca Alquran metode qiraati pada anak usia dini menjadi fondasi dasar nilai keimanan dan ketakwaan generasi muda berwawasan Islami.
“LPTQ sangat menyambut positif pembelajaran Alquran usia dini dengan metode qiraati karena dapat mendorong kemampuan anak mencintai membaca Alquran secara tartil,” harap Ketua LPTQ Muhamad Darumi.
Ia mengharapkan, kegiatan kathaman dan wisuda santri dilaksanakan lembaga pengajaran Alquran metode qiraati Kabupaten Biak Numfor dapat meningkatkan minat anak-anak untuk lebih mendalami isi kandungan Alquran untuk bekal menjalani kehidupan di masyarakat, berbangsa dan bernegara.
Jajaran pengurus LPTQ, menurut Darumi, sangat berterima kasih dengan kehadiran lembaga pengajaran dan pendidikan Alquran qiraati karena mampu menghasilkan lulusan santri yang bagus dalam membaca ayat-ayat suci Alquran.
“Saya harapkan setelah menamatkan membaca Alquran pada tingkat anak-anak bisa dilanjutkan ke jenjang lebih tinggi sehingga bisa mampu memahami isi kandungan kita suci secara paripurna untuk bisa diamalkan dalam keseharian,” ujarnya.
Sementara itu, Koordinator cabang Qiraati Kabupaten Biak Numfor Ustad Zakarsy mengakui, keberhasilan lembaganya mencetak santri-santri memiliki kemampuan membaca Alquran dengan tartil diharapkan menjadi modal untuk anak-anak dalam menjalankan kehidupan.
Kepada orang tua santri, lanjut Ustad Zakarsy, diminta untuk memberikan kesempatan lanjutan bagi anak-anak untuk memperdalam mempelajari kita suci lewat pendidikan qiraati pada program remaja dan dewasa.
“Teruslah belajar dan memperdalam membaca isi kandungan Alquran secara tartil melalui metode qiraati yang saat ini sudah tersebar di berbagai masjid di Biak sekitarnya,” harap Ustad Zakarsy.
Kegiatan wisuda dan khataman santri metode qiraati se Kabupaten Biak Numfor diwarnai dengan tanya jawab terhadap materi pelajaran dari para pengasuh, orang tua dan pemuka agama Islam dipusatkan di masjid Alhuda Jalan Dolog kelurahan Mandala Distrik Biak Kota.(sp/rol)