Negara Uni Eropa ini Menjadi yang Pertama Akui Palestina

Majelis Umum PBB menyetujui pengakuan de facto negara berdaulat Palestina pada tahun 2012. Sayangnya ketika itu Uni Eropa dan anggotanya belum memberikan pengakuan resminya.
Pemerintah baru Swedia akan mengakui negara Palestina. Hal ini, menurut Perdana Menteri Swedia, Stefan Lofven, menjadikan negara besar Eropa pertama yang mengakui Palestina.
“Konflik antara Israel hanya dapat diselesaikan dengan solusi dua negara, dirundingkan sesuai dengan hukum internasional,” kata PM Swedia Stefan Lofven selama pidato pelantikannya di parlemen. Satu solusi dua negara membutuhkan saling pengakuan dan kemauan.
Untuk, ucap dia, mewujudkan ko-eksistensi damai. Oleh karena Swedia pun memutuskan untuk mengakui negara Palestina.
Bagi Palestina, langkah Swedia akan menjadi dorongan bagi ambisi mendirikan sebuah negara. Dengan reputasi sebagai perantara yang  tak berpihak di urusan internasional keputusan ini mungkin membuat negara-negara lain untuk duduk dan menyimak. Apalagi Swedia memiliki posisi penting dalam mengambil berbagai kebijakan luar negeri Uni Eropa
Khususnya ketika Palestina mengancam bergerak secara unilateral menuju kenegaraan. Namun, ada kemungkinan akan ada kritik kuat terhadap Swedia dari Israel, Amerika Serikat dan Uni Eropa. 
Negara Uni Eropa yang mempertahankan bahwa negara Palestina merdeka hanya harus muncul melalui proses negosiasi. Di Uni Eropa, beberapa negara, seperti Hungaria, Polandia dan Slovakia mengakui Palestina.
Tetapi mereka melakukannya sebelum bergabung dengan Blok 28-anggota itu.Jika pemerintah kiri-tengah memenuhi rencananya, Swedia akan menjadi negara pertama yang mengakui Palestina sementara menjadi anggota Uni Eropa.
Partai Sosial Demokrat dan Hijau menguasai minoritas kursi di parlemen dan pemerintah kiri-tengah mendatang tampaknya menjadi salah satu yang  terlemah selama beberapa dekade. Mantan pemerintah kanan-tengah tidak akan mengakui Palestina. Dengan alasan otoritas Palestina tidak menguasai wilayah mereka.
Palestina menginginkan sebuah negara merdeka di Tepi Barat  dan Gaza. Dengan ibu kotanya di Yerusalem Timur. 
Sementara Gaza menjadi bagian dari Palestina jika perundingan dengan Israel berhasil mewujudkan solusi dua negara. sayangnya perundingan itu saat ini ditangguhkan. [sp/rol]