PBNU: Penyembelihan Hewan adalah Objek Dakwah Bagi Anak

JAKARTA – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berpandangan bahwa anak-anak perlu dijelaskan terkait makna penyembelihan hewan kurban. Penyembelihan hewan kurban justru bisa dijadikan media pembelajaran terhadap anak-anak tentang makna spiritual dari Hari Raya Idul Adha.
Ketua PBNU KH Maksum Mahfudz mengatakan, pendampingan orang tua terhadap anak sangat penting dalam hal ini. Orang tua harus menjelaskan makna penting di balik penyembelihan hewan kurban dalam Idul Adha. Mandat-mandat spiritual harus disampaikan kepada anak-anak. “Justru ini obyek dakwah yang bagus sekali,” katanya kepada ROL, Kamis (25/9).
Menurutnya, orang tua perlu membimbing anak-anaknya tentang sejarah terjadinya Idul Adha. Bagaimana Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan anaknya Ismail. Sementara sang anak mengikhlaskan dirinya karena itu adalah perintah dari Tuhannya yang harus dilaksanakan. Kemudian sesaat sebelum disembelih akhirnya diganti dengan domba.
Dia menambahkan, dalam hukum fiqih justru melihat penyembelihan hewan kurban adalah sunnah. Sebab itu adalah bagian dari umat Islam untuk menghayati secara spiritual tentang proses ilahiyah di balik makna Idul Adha. Jika dikemas dan dimaknai dengan benar, kata dia, anak-anak justru memperoleh pengalaman dan pendidikan yang luar biasa.
“Jadi tidak ada sedikitpun kesadisan di dalamnya selama penyembelihan hewan kurban dilakukan sesuai dengan syariat yang benar,” ujarnya. [sp/RoL]