Beredar Surat Pelarangan Penyembelihan Qurban di Sekolah Dasar

Saat ini lagi heboh berita tentang surat pelarangan penyembelihan qurban di SD oleh Ahok. Berikut contoh suratnya.


seperti diberitakan di pos kota berikut:

JAKARTA – Kebiasaan  menyelenggarakan pemotongan hewan kurban di lingkungan SDN tahun ini dipastikan tidak ada. Pemprov DKI Jakarta mulai Idul Adha tahun ini melarang pemotongan hewan di sekolah tersebut.
Pelarangan ini  tertuang dalam Instruksi Gubernur Nomor 67 tahun 2014 yang ditandatangani Wakil Gubernur Ahok. Instruksi tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta. Penandatanganan dilakukan Ahok ketika menjadi Plt Gubernur tangal 17 Juli 2014.
Bukan itu saja, pelarangan juga berlaku untuk menjual dan memotong hewan kurban di fasiltas umum seperti taman, tepi jalan, dan lainnya. Pemotongan hanya dibolehkan di Rumah Pemotongan Hewan Cakung (RPH).
Ahok  memerintahkan  walikota dan bupati  mengkoordinasikan  dewan mesjid. Intinya, pemotongan hanya diperbolehkan di RPH saja. Dalihnya demi  kebersihan kota.
Lucky P Sastrawirya, anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Demokrat,  menyesalkan adanya instruksi tersebut. Paalnya, prosesi pemotongan hewan kurban bagi umat Islam merupakan perkara sakral. “Instruksi ini ngawur. Prosesi pemotongan hewan kurban tidak bisa sembarangan, ada tata cara menurut ajaran Islam,” katanya.
Alasan demi kebersihan kota, kata  Lucky menilai  juga ngawur. Sebab, hampir tiap tahun dilakukan pemotongan hewan di lingkungan sekolah dan mesjid, tetapi tisak meningalkan kotoran. “Ahok harus mencabut

instruksi itu,” tandasnya.

Lucky mendukung pelarangan penjualan hewan di lokasi-lokasi sarana umum. “Kalau itu, kita dukung. Tapi melarang pemotongan hewan di lingkungan mesjid dan sekolah jelas tidak tepat,” ucapnya seraya menjelaskan penyenggarakan pemotongan hewan kurban di lingkungan sekolah untuk dimaksudkan  memberikan pelajaran dini kepada murid tentang kepekaan sosial, mendidik siswa agar bisa berbagi dengan sesama dan kepada warga miskin sekitar.
SAPI DAN KAMBING

Sementara itu, dua minggu menjelang  Idhul Adha 1435 H, penjualan hewan kurban berupa sapi dan kambing di Jakarta Barat  mulai ramai. Pedagangpun mengaku banyak hewan kurbannya yang terjual.

Ujang, 46, pedagang Sapi di kawasan Jl Utan Jati, Kalideres mengaku meski Idul Adha masih sekitar dua mingguan, namun sapinya telah banyak yang terjual. Kondisi ini berbeda di banding
Kepala Seksi  Peternakan Sudin Peternakan Jakarta Barat Rahmat Manender mengatakan, pihaknya telah menerjunkan sebanyak 22 petugas untuk memeriksa kondisi hewan kurban di delapan wilayah kecamatan. “Mulai

hari ini kami telah menerjunkan petugas untuk mengecek kesehatan hewan
kurban,” jelasnya