Din Syamsudin : Jelang Idul Fitri Jangan Konsumtif

Hari raya Idul Fitri hanya tinggal menghitung hari. Khusus di Indonesia, ada beberapa tradisi yang menjadi ciri khas masyarakat menjelang lebaran yakni mudik dan membeli baju lebaran.

Entah sejak kapan kebiasaan mengenakan baju, celana dan semua peralatan serba baru di hari lebaran diterapkan muslim Indonesia. Mulai dari anak kecil hingga yang lanjut usia.

Mengenakan pakaian serba baru di hari raya Idul Fitri tidak pernah diperintahkan dalam Islam. Justru Rasulullah menyerukan umatnya agar merayakan Idul Fitri dengan hati yang bersih, berpakaian bagus dan menggunakan wewangian, namun tidak harus baru serta tidak berlebih-lebihan. 

“Ied bukan soal baju baru tapi iman yang baru. Sehingga masyarakat tidak perlu berlebihan,” kata Din Syamsuddin di kantor PP Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya, Jakpus, Rabu (23/7/2014).

Ia menyebut seharusnya umat Islam tak memaksakan diri untuk memiliki pakaian serba baru di hari lebaran. Hal ini karena bisa jadi bukannya merayakan lebaran namun terjebak dalam prilaku konsumtif manusia.

“Hidup sederhana lebih baik dan tidak terjebak pada budaya konsumsif,” tegasnya.

Menurutnya, perbaikan keimanan dan menjalin silaturahmi dengan saudara muslim lainnya adalah hal yang utama dilakukan di hari lebaran.(detik/sp)