MUI akan Investigasi Dugaan Aliran Sesat Terkait Marshanda-Ben Kasyafani


Jakarta – Perceraian pasangan artis Marshanda dan Ben Kasyafani diliputi adanya isu dugaan aliran sesat yang diikuti oleh Ben. Sebuah lembaga dakwah Islam yang ikut terseret namanya karena Ben mengikuti ajaran aliran tersebut yang membuat Ben berubah dan sering cekcok dengan istrinya, Marshanda.
Mengenai isu sesat tersebut pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) belum menentukan apakah ajaran mereka sesat atau tidak. Untuk itu pihak MUI akan melakukan penyelidikan dan pengkajian secara mendalam.
“Pihak kami masih melakukan penyelidikan secara mendalam apakah yang mereka (lembaga dakwah itu) ajarkan itu sesat atau tidak,” ujar Ketua MUI Amidhan saat dihubungi wartawan di Jakarta, Minggu (4/5/2014).
Amidhan menjelaskan sejarah lembaga tersebut pernah dinyatakan sesat oleh Kejaksaan Agung.
Ia menjelaskan bahwa asal muasal lembaga itu adalah Daarul Hadits yang kemudian namanya berubah menjadi Islam Jamaah dan telah ditentang oleh Kejagung. Mereka lalu berganti nama.
Namun, beberapa tahun lalu pimpinan lembaga dakwah itu telah mendatangi MUI dengan membawa perubahan baru bahwa mereka sudah tidak lagi mengikuti ajaran Islam Jamaah yang dianggap sesat.
Dengan adanya isu ini, Amidhan mengatakan bahwa MUI akan kembali menyelidiki apakah lembaga tersebut benar-benar sudah berubah dengan paradigma barunya ataukah kembali sesat dengan ajaran yang lama.
“Tunggu saja nanti bagaimana perkembangannya,” pungkasnya. [sp/solopos]