Cerita Inspiratif Dibalik Balutan Plastik Jok Motor Pak Ustadz

Suatu hari diparkiran saya melihat motor yg joknya berbalut plastik. Setelah saya dekati ternyata itu adalah motor pak ustadz. Kenapa dibalut plastik? Karena ini musim hujan dan jok motor itu sudah rusak ,tidak layak sehingga kalo tidak dibalut plastik joknya akan menjadi sarang air. Kemudian motor itu saya foto dan saya berniat untuk share di grup bb kantor.Ternyata niat saya direspon positif oleh teman-teman. Pak ustadz tugasnya adalah mengurusi segala sesuatu yg berhubungan dengan masjid dikantor.

Besoknya uang sumbangan untuk mengganti jok sudah terkumpul dan bahkan lebih kalo hanya untuk mengganti jok. Seusai sholat jumat dan istirahat siang, saya pergi ke masjid kantor untuk menyerahkan uang kepada pak ustadz. Ternyata beliau sedang tidur-tiduran sambil mendengarkan pengajian di radio. Kemudian terjadilah percakapan yg seperti ini :

Aw : Pak, maaf nih mengganggu. Itu motor bapak kenapa kok dikasih plastik?
PU : Rusak mas, mau saya ganti belum sempat. Sudah tanya-tanya ke tempat ganti joknya sekalian survey harga tapi belum sempat juga buat ganti sampai sekarang.
AW : Pak ini diterima uang hasil patungan teman-teman buat pak ustadz ganti jok. 
PU : Kok repot 2 mas. Dan uang ini banyak sekali butuh saya cuman 110 ribu kok mas. 
AW : Gak papa Pak, sisanya buat servis motor dan ganti-ganti kalo ada yang rusak motornya.
PU : Alhamdulillah mas. Terima kasih banyak. Saya doakan … (sambil mendoakan kami)
AW : Sama-sama pak. Aamiin buat doanya (Bersalaman)
Rasanya hati seperti ditonjok-tonjok. Karena malu. Ada pesan yg saya tangkap dari percakapan tadi.
1. Pak ustadz tidak mau merasa dikasihani dengan menceritakan keadaannya yg sedang tidak ada uang untuk mengganti jok. Jika benar karena tidak ada waktu, kenapa beliau sempat untuk survey ke servis-servis jok. Beda sekali dengan realitas masyarakat sekarang yg suka mengumbar deritanya untuk menggantinya dengan rupiah. Mengemis dan meminta-minta,padahal mereka mampu jika mau berusaha.
2. Beliau tidak mau serakah. Dia hanya mengambil yg diperlukan saja. Beda sekali dengan para pejabat atau orang-orang serakah lainnya. Meskipun sudah berkecukupan tapi kalo masih ada yg bisa disikat ya sikat aja ga usah peduli sama orang.
Renungan dan tamparan buat saya. Saat merasa hidup terasa tak adil, saat merasa hidup penuh masalah, cobalah tengok kanan kiri siapa tau ada seseorang yg hidupnya sepertinya lebih susah dari kita tp dia nampak bahagia. Itu pasti karena dia bersyukur.
*disadur dari status facebook yg bersangkutan