UMS Membangun Kawasan Hutan Kota atau Edu Park

Sukoharjo- Kawasan hutan kota atau Edu Park milik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)  di Pabelan nyaris selesai. Namun taman kota seluas enam Ha tersebut, masyarakat dan mahasiswa sudah mulai memanfaatkannya.
Kepala Humas dan Kerjasama UMS, Anam Sutopo, mengatakan proses pembangunan Edu Park telah mencapai 95 persen. Menurutnya, Edu Park memiliki sejumlah fasilitas seperti sarana olahraga, lapangan sepak bola, trotoar untuk bersepeda dan taman.
Adapun proses pembangunan yang belum selesai meliputi gerbang samping di sisi utara yang menjadi akses masuk dari Jl. Adisucipto serta penambahan toilet. “Edu Park ini merupakan hutan kota yang dipersembahkan UMS kepada masyarakat umum. Saat ini proses peresmian belum dilakukan tapi sudah disosialisasikan oleh Rektor UMS beberapa waktu lalu,” katanya.
Kawasan di Pabelan tersebut disulap menjadi hutan kota yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat umum maupun mahasiswa UMS. Kawasan sisi timur merupakan taman dengan aneka tumbuhan pendek yang dilengkapi ruas jalan yang dipaving.
“Kami sering memanfaatkan Edu Park untuk kegiatan kampus. Selain teduh, di sini cocok untuk lokasi outbond,” jelas Putri, salah satu mahasiswa Jurusan Farmasi Fakultas Farmasi UMS, Kusuma Putri, 20, di sela-sela aktivitas bersama puluhan mahasiswa lainnya.
Dia mengatakan dengan adanya Edu Park lebih menguntungkan mahasiswa. Pasalnya, lokasi tersebut bisa digunakan untuk berbagai kegiatan kampus sehingga mereka tidak perlu bingung untuk mencari lokasi lain yang sesuai. Meski demikian, menurutnya, kawasan Edu Park masih perlu diberi fasilitas tambahan.[suaramerdeka]